Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 1)

Apakah anda seorang blogger? sering melakukan submit ke berbagai situs social bookmark baik lokal maupun interlokal (luar) untuk meningkatkan backlink? kalau jawaban anda untuk salah satu atau kedua pertanyaan di atas adalah 'tidak', maka artikel ini tidak akan terlalu berguna bagi anda, tapi kalo jawaban untuk pertanyaan tadi, terutama pertanyaan ke-2 adalah 'iya', silahkan lanjut baca artikel penting ini.

Next question is, cara apa yang anda gunakan untuk melakukan submit artikel ke social bookmark? manual atau otomatis(menggunakan tool/software)?

Kalau cara yang anda pakai masih manual, maka saya punya kabar gembira yang memang gak terlalu baru.

Di luar sana memang banyak dijual software submitter otomatis, cuma saja setau saya memang tidak ada yang gratis(CMIIW), ada cara lain yang lebih murah tapi memang perlu sedikit utak-atik coding sehingga kita bisa memiliki submitter social bookmark yang otomatis, tepatnya semi otomatis.

Kita tidak akan  membuat software, tetapi di sini kita akan belajar memanfaatkan salah satu tool (addon) yang disediakan oleh Mozilla, tentu saja gratis. Addon yang saya maksud adalah iMacros. 

Sedikit tentang iMacros :
iMacros was designed to automate the most repetitious tasks on the web. If there’s an activity you have to do repeatedly, just record it in iMacros. The next time you need to do it, the entire macro will run at the click of a button! With iMacros, you can quickly and easily fill out web forms, remember passwords, create a webmail notifier, download information from other sites, scrape the Web (get data from multiple sites), and more. You can keep the macros on your computer for your own use, or share them with others by embedding them on your homepage, blog, company Intranet or any social bookmarking service. The uses are limited only by your imagination!
 Nah, berdasar fungsi utama iMacros inilah kita akan coba ngulik sedikit untuk membuat submitter semi otomatis sendiri yang tentunya gratis dan pastinya juga akan menambah ilmu yang berguna untuk kita.

Sebelum melanjutkan ke step cara membuat submitter otomatis dengan iMacros, maka untuk memudahkan pemahaman awal tentang iMacros dan cara kerja addon ini nantinya, saya akan memberikan sedikit contoh submitter otomatis yang saya buat menggunakan addon ini.

Sebelumnya, karena kita akan menggunakan addon dari Mozilla, maka browser yang kita gunakan ya harus mozilla, juga terlebih dahulu install addon iMacros melalui link ini : download 

Perhatian, addon ini hanya bisa diinstall pada browser Mozilla versi 3 ke atas. Jika browser mozilla anda masih di bawah versi 3, silahkan upgrade terlebih dahulu browser mozilla anda.

Selain mengunduh dan menginstall iMacros, saya menyarankan anda untuk menginstall software Notepad++ juga, software ini dapat cukup membantu dalam proses utak-atik coding nanti, gratis pula, silahkan download melalui link ini : download

Selanjutnya, setelah addon iMacros terinstall, maka addon ini akan mengekstrak folder yang bernama 'iMacros' di komputer anda, biasanya terletak di folder My Documents, folder ini berisi 3 folder, yaitu : Datasources, Downloads, dan Macros. Masing-masing folder tadi berisi file-file dan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan proses otomatisasi tadi.

Setelah iMacros terinstall, maka tampilan browser anda akan menjadi seperti ini (Klik di sini kalau kurang jelas):


Selanjutnya silahkan download file Latian.rar berikut : download

Ekstrak file latian.rar, file ini berisi file PHPDugg.iim dan Latian.csv, kemudian pindahkan file PHPDugg.iim ke folder 'Macros' (My Documents -> iMacros -> Macros), dan file Latian.csv ke folder 'Datasources' (My Documents -> iMacros -> Datasources).

Contoh submitter ini dapat digunakan untuk melakukan submit ke 4 situs social bookmark berbasis PHPDugg, yaitu indexyoursite.com, delicious-digg.cz.cc, neosi.com, dan bookmarkmasti.info. Terlebih dahulu lakukan registrasi secara manual ke masing-masing situs social bookmark tadi, saya sarankan untuk membuat username dan password yang sama persis.

Kenapa saya mengambil contoh situs social bookmark berbasis PHPDugg? tidak lain dan tidak bukan karena saya gak mau rugi, hehe, kebanyakan situs berbasis PHP Dugg adalah dofollow, jadi sembari melakukan percobaan kita juga bisa tetap mendapat balasan backlink, kira-kira begitu lah.

Setelah melakukan registrasi, selanjutnya kita akan mengedit isi file Latian.csv tadi menggunakan software notepad++, klik kanan pada file latian.csv yang terletak di folder datasources tadi, lalu pilih 'Edit with Notepad++', anda akan melihat isi dari file Latian.csv seperti berikut ini :
username, password, url, title, description
Silahkan ganti kata 'username' dengan username yang anda buat saat registrasi situs social bookmark tadi, dan ganti kata 'password' dengan password social bookmark anda (di sinilah kenapa saya tadi menyarankan anda menggunakan username dan password yang sama).

Kemudian ganti kata 'url', 'title', dan 'description' masing-masing dengan url, title dan description artikel yang akan anda submit. Jangan lupa simpan perubahan tadi (ctrl + s).

Kemudian buka tab baru pada browser mozilla anda, perhatikan pada sidebar browser anda, pilih PHPDugg.iim seperti pada ilustrasi berikut ini (perhatikan lingkaran warna merah):


Jika tidak ditemukan pilihan PHPDugg.iim, coba close iMacros terlebih dahulu lalu aktifkan lagi, setelah itu klik 'play'.
Perhatian!!
Submitter ini akan segera melakukan proses submit ke empat situs social bookmark yang sudah saya sebutkan tadi secara semi otomatis, semi otomatis karena sentuhan manual masih dibutuhkan untuk pengisian captcha, saya sudah mensetting time delay untuk pengisian captcha selama 20 detik.

Setelah login, input url, title, description dan memilih kategori secara otomatis, segera isikan captcha secara manual, disini kita memiliki waktu 20 detik saja untuk mengisi captcha di setiap situsnya, usahakan captcha yang kita masukkan itu benar, setelah waktu 20 detik habis, maka proses akan berlanjut ke 'klik submit' secara otomatis. 
Sentuhan manual hanya pada pengisian captcha saja, tidak perlu menekan tombol 'Enter' atau menekan tombol submit setelahnya.

Jika tidak ada kesalahan maka akan proses submit akan sukses.

Pada pembahasan selanjutnya saya akan membahas mengenai isi file PHPDugg.iim, silahkan simak terus update blog ini.

Update: >> Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 2)

nb : tips ini lumayan bermanfaat, apalagi sekarang lagi musim kontes, diantaranya kontes Amikom.us Tempat Belanja Hosting Murah dan Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood

Postingan terkait:

53 Tanggapan untuk "Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 1)"

Rahasia Kontes SEO said...

mantab bgt nich sharingnya :-)

joko santoso said...

siap berlaga

Bang Aan said...

Waduuh, saya belum siap untuk berlaga nih,Pak Din.
Untuk jurus-jurus seperti ini saya kagok n kanro' banget. Kemaren nginstal toolbar google aja sempat mumet.

xamthone plus said...

makasih nih gan buat infonya semoga bermanfaat gan, kita coba dulu gan , makasih nih :thanx:

Adin Darmawan said...

@ Rahasia Kontes SEO, Joko Santoso, Xamthone, monggo dicoba dulu

@ Bang Aan, dicoba aja mas step by step seperti yang saya tulis, mudah2an jelas, saya juga masih belajar/mempelajari ini kok

dHaNy said...

Wahh ribet juga ya kayaknya.. belum berani nyoba nih mas...

wien said...

menarik sekali mas Adin, nanti pelan2 saya tak nyobain juga...belum pernah utak-atik yg beginian soalnya...

rizal said...

semakin mempermudah ya, thanks banget informasinya ditunggu kelanjutannya

tomi said...

saya kemaren dapat dari sapa ya di fb yg bagi² submiter gratis.. lupa mas
makasih tutorialnya .. ditunggu selanjutnya

obat darah tinggi said...

mantap gan informasinya sangat bermafaat gan , langsung ke tkp

Adin Darmawan said...
This comment has been removed by the author.
Adin Darmawan said...

@ Dhany, kenapa belum berani nyoba mas? nggak nggigit kok, gak usah takut :D

@ Wien, monggo dicoba, saya juga baru pertama ini kok

@ Rizal, semoga bisa bermanfaat mas, kelanjutannya segera dipublish

@ Tomi, dari mas Lutfi itu, tapi kalo yang ini kan bukan bikin software mas, bisa buat pilihan juga kok, hehe

cosarosta said...

menarik infonya mas

Funny Pictures said...

wach kudu diperhatiin bener2 nih..
yang newby kyk sy sbnrnya masih bingung..
tapi, kalo lngsung praktek kyknya bisa dech..
makasih om wejangannya..
sangat membantu sekali..

Mengecilkan perut said...

terima kasih atas infonya gan..
sangat menarik...
salam kenal..

suaraterbaru said...

wah penting bgt ni infonya,,,
prlu dicoba..
terima kasih..

LG Optimus 3G said...

mantap gan...

Diet Golongan Darah said...

terima kasih atas infonya...
menarik untuk di baca...

pardi said...

keren nih informasinya.
boleh dicoba.

terima kasih pak.

kanker serviks said...

terima kasih atas info menariknya bos...

Komando said...

terima kasih infonya....
Suara Terbaru

Atasi Ejakulasi Dini said...

Makasih ilmunya Mas, perlu di coba nih.. Sukses selalu.

Toko Obat Herbal said...

masih bingung om :(
share lebih detail dunk

djblackersz said...

terima kasih atas infonya...
postingan terbaru sy tunggu....
kunjungan balik di ya...

souvenir tasbih cantik said...

mantab gan, coba dlu...
oia gan sbelum k sni kan ane baca ttg sb drigg, itu apaan ya gan? jelasin dong... gpp kan nubi tanya :)

Adin Darmawan said...

@ souvenir tasbih cantik, SB Drigg tu ya situs social bookmark yang berbasis drigg, gampangnya seperti blog ada yang berbasis WP, blogspot, joomla, drupal, dll

tutorial wordpress said...

gimana caranya gan kalo kita mau nambah daftar situs bookmarknya???

edit file .iim nya gimana gan...?

vegan diet said...

masih bingung gan cara penggunaannya, kok beberapa ssnya udah gak aktif lg gan.:((

Cossierandi said...

Tutorial mantabs dan perlu dicoba, saya sendiri biasanya input secara manual ke situs atau website social bookmark atau social media. Namun cara tersebut saya rasa sangat menyita waktu saya dan membuat pekerjaan yang lain jadi terbengkalai. Suer saya adalah seorang blogger dan "Full Blogger" dan semua pekerjaan harus dikerjakan secara otomatis. Thanks infonya gan..langsung dicoba.

Burung Kacer said...

terima kasih atas infonya...
kebetulan mampir... salam kenal pak..

Miftah said...

Iya, SS nya sudah pada nggak aktif gan. List yang lain dong..

super newbie said...

Suhu, newbie mohon petunjuk. Klo misalnya artikel dah terindex n langsung di submit masal di sb apa gak berbahaya untuk saat ini?

Terima kasih.

Kumpulan Sejarah said...

manstap bung...
salam kenal..

beritaya said...

Masih bingung mastah, berarti tidak bisa digunakan pada semua sosial bookmark ?

Review Tekno Terbaru said...

Sudah dipraketkkan, tapi kok ga bisa ya.ga bisa di download..
misal scripnya di upload lagi gimana.
:)
oiya mampir ya ke

filter air said...

thanks infonya gan
di coba dulu ya
kalo buat submit iklan baris bisa ga ya?

samsung galaxy grand said...

Setelah di download, masih belum tau juga cara-caranya..blank

samsung galaxy grand|hp samsung
|hp android murah

Cara Mengetahui Umur Kenari said...

Terima kasih infonya..
postingan selanjutnya ditunggu bos..
salam kenal..

Cara Mengetahui Umur Kenari said...

mantaps bos..

abra said...

mas kalau misalkan kode untuk klik tanggal otomatis gimana mas.
misalkan saya mau bikin scedule posting di blogspot.
saya mau posting pertama tgl 1,posting kedua tgl 2 dan seterusnya.Mohon bantuannya mas :)

Traveling With Toddlers said...

Untuk firefox yang baru sudah nggak bisa menjalankan imacros ya? apa harus downgrade version?

obat tradisional stroke said...

terima kasih banyak gan untuk infonya,, semoga menjadi info yang sangat bermanfaat bagi kita semua

Anonymous said...

Mantap sekali mas ..
Terimakasih ilmunya

obyek wisata depok said...

wah ilmu baru nih omm, tapi masih harus banyak belajar

Unknown said...

makasih gan infonya

mampir juga gan mojishoes.blogspot.com
pusat sepatu kw grade ori

Unknown said...

makasih gan infonya

mampir juga gan mojishoes.blogspot.com
pusat sepatu kw grade ori

Unknown said...

Permisi.
Pak, kalau mau ngubah format .js jadi .iim bisa gak? kira2 langkahnya bagaimana?

asep said...

Terimakasih boss jadi sedikit mengerti :D

DIMARZONE said...

file latihan nya kok error

tolong kirim kesini donk

jeffriok@gmail.com

tepe21 said...

file latihan tidak bisa di download gan,
bisa minta tolong di kirim ke teguhprasetyo21@gmail.com
Terima Kasih

Anonymous said...

file latihan.rar gak bisa di download gan, link expired!

Unknown said...

Cara mengembalikan tampilan imacros gmana?

فروشگاه اینترنتی said...

Thank you for the knowledge
فروشگاه اينترنتي
www.baneh.com
thanks