Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 2)

Pada postingan sebelumnya mengenai Cara Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros, kita telah membahas mengenai pengenalan iMacros beserta satu contoh penggunaan iMacros sebagai submitter social bookmark semi otomatis. 

Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari fungsi dari file-file yang sudah kita download kemaren di sini. Di sini penjelasan akan lebih mengarah ke teknis.

Untuk merefresh ingatan kita, file Latian.rar yang sudah di download kemaren berisi dua buah file, yaitu file Latian.csv dan file PHPDugg.iim, kedua file inilah yang memiliki peranan penting dalam proses submit link atau artikel ke situs social bookmark.

Pembahasan kita awali dengan membahas file Latian.csv.

Isi file Latian.csv terbagi menjadi beberapa kolom : username, password, url, title, description, dimana 'username' menempati kolom 1 (satu) atau kolom pertama, kemudian 'password' menempati kolom kedua, dan seterusnya. Setiap kolom dipisahkan dengan tanda koma (,), pada contoh di atas hanya ada url, title dan description sebagai konten yang akan disubmit, lalu bagaimana bila juga menggunakan tag? padahal biasanya tag dipisahkan dengan tanda koma, lalu bagaimana? 

Bila tag juga akan disubmit, misal pada file latian.csv tag akan kita letakkan setelah 'description', maka kita menggunakan tanda kutip ganda (") untuk menulis tag. Sebagai contoh kita akan melakukan submit artikel Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 1) dengan menggunakan tag  SEO, Submitter, Social Bookmark, Tips, iMacros, maka struktur isi file Latian.csv akan menjadi sebagai berikut :

username, password, http://rumahadin.blogspot.com/2011/03/membuat-submitter-otomatis-dengan.html, Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 1), Tips cara membuat submitter otomatis dengan iMacros, "SEO, Submitter, Social Bookmark, Tips, iMacros"
Letak atau susunannya tidak harus seperti itu, yang penting kita tidak salah saat mengutak-atik file PHPDugg.iim nantinya.

Selanjutnya pembahasan dilanjutkan dengan mempelajari file PHPDugg.iim

Klik kanan pada file PHPDugg.iim yang terletak di folder macros, lalu buka file menggunakan notepad++. Kita akan menemukan isi dari file PHPDugg.iim sebagai berikut :

VERSION BUILD=7110203 RECORDER=FX
TAB T=1
SET !DATASOURCE Latian.csv
SET !DATASOURCE_COLUMNS 5
SET !LOOP 1
SET !DATASOURCE_LINE {{!LOOP}}

URL GOTO=http://www.indexyoursite.com/searchengine/login.php
TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:form1 ATTR=ID:username CONTENT={{!COL1}}
SET !ENCRYPTION NO
TAG POS=1 TYPE=INPUT:PASSWORD FORM=NAME:form1 ATTR=ID:password CONTENT={{!COL2}}
TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=NAME:form1 ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Login
URL GOTO=http://www.indexyoursite.com/searchengine/add_story.php
TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:form1 ATTR=ID:story_url CONTENT={{!COL3}}
TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=NAME:form1 ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Continue
TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:add_story ATTR=ID:story_title CONTENT={{!COL4}}
TAG POS=1 TYPE=TEXTAREA FORM=NAME:add_story ATTR=ID:story_desc CONTENT={{!COL5}}
TAG POS=2 TYPE=INPUT:RADIO FORM=ID:add_story ATTR=ID:story_category
WAIT SECONDS=20
TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=ID:add_story ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Submit<SP>Story
TAG POS=1 TYPE=SPAN ATTR=TXT:Upcoming

dan seterusnya...

Kita bahas mulai dari script yang berwarna merah.

Bagian ini berfungsi untuk mendeklarasikan file csv yang akan kita gunakan pada proses submit nanti. Pada contoh script di atas dapat kita lihat baris yang bertuliskan SET !DATASOURCE Latian.csv, dimana Latian.csv adalah nama file csv yang akan kita pakai, kalau anda ganti nama file Latian.csv yang ada di folder datasource dengan nama nyoba.csv, maka pada baris SET !DATASOURCE Latian.csv nama file juga diganti dengan nyoba.csv sehingga menjadi SET !DATASOURCE nyoba.csv.

Berikutnya kita bahas script yang saya beri warna biru.
Script ini berfungsi untuk menjalankan proses submit mulai dari pengisian form login, hingga proses submit sampai proses menunggu pengisian captcha, kemudian dilanjutkan dengan proses 'klik submit' secara otomatis. Proses akan dijalankan dengan mengeksekusi coding secara line per line atau baris per baris.

Kode URL GOTO=http://www.indexyoursite.com/searchengine/login.php berfungsi untuk menggerakkan browser menuju halaman login situs indexyoursite.com dengan alamat url di http://www.indexyoursite.com/searchengine/login.php.

Kemudian proses dilanjutkan dengan mengeksekusi baris

TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:form1 ATTR=ID:username CONTENT={{!COL1}}
 
Script di atas berfungsi untuk mengarahkan fokus ke form login, tepatnya melakukan pengisian field username, di sinilah peran file Latian.csv mulai dapat kita lihat.

Pada baris kode di atas kita dapat melihat kode {{!COL1}}, dimana kode ini menunjukkan bahwa kita mengambil isi file Latian.csv pada kolom 1 untuk diisikan di field username, jadi kalau kolom username pada file Latian.csv kita isi 'Paijo', maka pada field username akan terisi 'Paijo'

TAG POS=1 TYPE=INPUT:PASSWORD FORM=NAME:form1 ATTR=ID:password CONTENT={{!COL2}}
Sama dengan kode sebelumnya, baris kode ini berfungsi untuk mengisi password, kode {{!COL2}}merujuk kolom pada file Latian.csv yang berisi password situs social bookmark.

Selanjutnya baris TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=NAME:form1 ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Login berfungsi untuk melakukan klik pada tombol 'Login'

Jika Berhasil login, maka proses dilanjutkan dengan mengeksekusi kode URL GOTO=http://www.indexyoursite.com/searchengine/add_story.php yang berarti dilanjutkan dengan menuju url submit (http://www.indexyoursite.com/searchengine/add_story.php).

Proses pengisian url, dan selanjutnya hingga pengisian title, deskripsi serta kategori dilakukan dengan mengeksekusi kode :

TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:form1 ATTR=ID:story_url CONTENT={{!COL3}}
TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=NAME:form1 ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Continue
TAG POS=1 TYPE=INPUT:TEXT FORM=NAME:add_story ATTR=ID:story_title CONTENT={{!COL4}}
TAG POS=1 TYPE=TEXTAREA FORM=NAME:add_story ATTR=ID:story_desc CONTENT={{!COL5}}
TAG POS=2 TYPE=INPUT:RADIO FORM=ID:add_story ATTR=ID:story_category

Penjelasannya kira-kira hampir sama dengan penjelasan tentang pengisian username dan password pada saat login tadi, nomor kolom juga merujuk pada file Latian.csv.

Di sini kategori diisi secara acak, berdasarkan urutan pilihan kategori. 

Kode TAG POS=2 pada baris TAG POS=2 TYPE=INPUT:RADIO FORM=ID:add_story ATTR=ID:story_category  berarti kita memilih kategori pada urutan ke-2, entah kategori apa itu.

Kode WAIT SECONDS=20 memberikan waktu jeda selama 20 detik untuk kita mengisi Captcha, usahakan saat mengisi captcha kita tidak melakukan kesalahan pengisian, karena jika salah maka proses akan berhenti sampai di sini. Saya belum menemukan cara untuk melakukan pengulangan jika terjadi kesalahan pengisian captcha.

Baris kode TAG POS=1 TYPE=INPUT:SUBMIT FORM=ID:add_story ATTR=NAME:Submit&&VALUE:Submit<SP>Story mengeksekusi proses klik pada tombol 'Submit Story'

Sedangkan terakhir adalah baris TAG POS=1 TYPE=SPAN ATTR=TXT:Upcoming yakni kita menuju ke halaman upcoming pada situs social bookmark yang baru saja kita submit untuk melihat hasil proses submit kita tadi, di sini tidak ada kode untuk logout otomatis, dengan asumsi kita melakukan submit dari komputer pribadi kita di rumah, sehingga tidak masalah jika kita tidak melakukan logout.

Lalu kode selanjutnya merupakan pengulangan dari kode yang sudah kita bahas di atas, tapi untuk situs social bookmark yang berikutnya.

Demikianlah kurang lebihnya penjelasan secara teknis mengenai isi file PHPDugg.iim dan file Latian.csv yang dapat saya sampaikan.

Bila kita ingin menambah daftar situs target submit, maka kita tinggal menambahkan(copas) kode submit di atas tetapi dengan merubah alamat url-nya saja.

Apabila mungkin anda merasa terlalu sulit memahami penjelasan di atas, dan ingin tetap bisa menggunakan addon ini, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat koding seperti di atas, cara seperti apakah itu? Penjelasan selanjutnya akan kita bahas pada bagian selanjutnya dari artikel berseri ini.

So, simak terus update blog ini ya gan....semoga bermanfaat...

Update:  >> Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Final)

nb : tips ini lumayan bermanfaat, apalagi sekarang lagi musim kontes, diantaranya kontes Amikom.us Tempat Belanja Hosting Murah dan Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood

Postingan terkait:

25 Tanggapan untuk "Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros (Part 2)"

Anonymous said...

weleh...blm ngerti neh sob..hehe

obat diabetes said...

mantap nih infonya , kita langsung ke tkp aja gan , makasih infonya

obat gagal ginjal said...

keren gan, langsung kita praktek gan, tanpa praktek susah gan, makasih gan, :ngacir:

alfi said...

masih g paham mas .
ad cara gmpangnya g?

xamthone plus said...

wah bgs bngt infonya ok sukses selalu dan trima kasih bnyak.

wien said...

nah kok masih sama kayak yg kemaren mas...maksudnya sama2 sulit kalo bagi saya...hehe...belajar lagi...

Adin Darmawan said...

@ Julianus Ginting, pelan-pelan belajarnya gan, sambil praktek biar cepet paham, gampang kok sebenernya

@ Alfi, ada kok cara gampangnya, tuh udah saya bahas di seri yang ke-3 :)

@ Wien, langsung simak artikel bagian yang ke-3 aja, biar lebih cepet paham, ntar kalo masih sulit bisa kita diskusikan lagi lewat komentar gan

Anonymous said...

ini saya coba knp eror terus y mas, erornya saat saya ganti semua form dengan mengambil perintah di cvs yg telah saya buat.... mungkin ada pencerahan yg lebih detail....

Adin Darmawan said...

@ Anonymous, maksudnya gimana mas? mungkin coba kirim script hasil utak atiknya ke saya biar saya bisa lebih jelas

Optimus Prime said...

Thanks berat ya Info nya Gan...
Ane berhasil nyobain script-nya....
Salam kenal dari Ane Gan :D

bowflex pr3000 home gym review said...

Salam kenal mas. Klo untuk pause otomatis dan klik continue secara manual (bukan delay waktu) sampai perintah tertentu. Gimana caranya mas? apa kode yang harus dtambahkan? Soalnya sering salah ngisi captcha

ikan_terbang said...

Salam kenal Gan.
Gan kalo menggunakan/mau pakai goto line(buat lompat ke baris tertentu) ada Gan??
Buat digandeng sama IF dan lompat ke baris tertentu lalu, periksa jawaban?

ciungtips said...

supaya bisa submit langsung banyak Url bagaimana ya mas? dtmabahin kode apa script yng saya masih 1 per 1 URl nih submitnya

herbalife said...

mas itu kan satu-satu klo misalnya mau langsung banyak Url caranya bagai mana ada solusi ?

ppob mandiri syariah said...

mantap tutorialnya, siap mencoba . thanks

Galeri Info Unik said...

imacross itu bisa dipake selain cms phpdugg gak mas ??

Unknown said...

Klo imacross bobol captcha yang selalu ganti2 bisa gak??

obat sipilis said...

mantap gan ane coba deh

ifa nurfazriyah said...

makasih informasinya mas... salam kenal ya.. :D

Anonymous said...

Bingung g ada Penampakannya????

Rizky said...

gan mau tanya nih, kalo isi latihan.csv kan ada url-nya kalo bikin url lain gimana misal kita mau submit 8 url berbeda gimana tuh?

pusat souvenir murah dan unik said...

gan ane punya problem di imacross, saat menggunakan blogspot.
jadi ane ngalamin kesalahan submit di drag n drop.
padahal kode iim nya sama aja, tp hasilnya beda saat ane gunakan wifi router dengan wifi tetring dr hp.
bisa kasih masukan gan???
infocenter.property@fmail.com

souvenir pernikahan murah said...

imacross itu bisa dipake selain cms phpdugg gak mas ?

gamat emas said...

Khasiat dan Manfaat Walatra Gamat Emas Kapsul

panahan said...

makasih mas, dulu saya sempet bisa, udah lama gak utak atik kok lupa sama sekali.. wkwkwk