Pencairan Kiriman Western Union Bagaimana Caranya???

Gan, ijin mau curhat dulu ya, hehehe...ini baru saja saya pulang abis muter-muter ditengah panasnya kota Jogja hari ini (15/11/2010) demi ngurus pencairan kiriman sejumlah uang lewat western union, tapi ini bukan dari google adsense kok, hehe, masih jauh kalo saya soal gajian dari adsense, pendapatan masih minim banget :D anyway uang kiriman ini datangnya dari bu lik alias tante, alias adiknya bapak saya, uangnya juga bukan untuk saya sih, tapi untuk nenek.

Well, jadi ceritanya beberapa waktu lalu, lebih dari seminggu lalu, bu lik saya kirim uang itu untuk nenek melalui Western Union, setelah uang dikirim, saya pun diberi kabar lewat sms yang berisi nomor transaksi dan nama pengirim, katanya untuk pencairan yang dibutuhkan cuma nomor itu, nama pengirim dan KTP saya sebagai penerima.

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, akhirnya saya berangkat ke kantor pos cabang Kotagede yang deket dengan rumah, di sana ternyata saya gagal melakukan pencairan, alasannya adalah nomor yang dikirimkan ke saya lewat sms itu invalid, seharusnya nomor itu terdiri dari 10 digit angka, tapi yang dikirimkan ke saya itu ada 14 digit, nah lho, sisa empat digit angka mau dikemanain? :D saya balik ke rumah, segera menghubungi si pengirim uang dan menceritakan semuanya, menunggu beberapa waktu, sms datang lagi, kali ini isinya beberapa noomor, mulai dari nomor yang 14 digit tadi, lalu ada nomor lain yang 10 digit, juga ada nomor lainnya lagi yang 8 digit, selain itu saya juga disarankan untuk mengurus pencairannya di bank BNI.
Meluncurlah saya kembali ke kantor pos dengan bekal beberapa nomor tadi, ternyata masih juga salah, lalu saya lanjutkan ke bank BNI, ternyata kata petugasnya bank BNI tidak melayani pengiriman maupun pengambilan kiriman Western Union, pihak Bank BNI juga menyarankan saya untuk ke Bank Mandiri, langsung saya cabut ke Bank Mandiri kantor cabang Kotagede, ternyata di sana kata petugasnya juga sudah tidak melayani transaksi Western Union, saya coba lagi ke Bank BPD Kotagede, di sana juga sama saja. Capek muter-muter, saya balik ke rumah, dan untuk hari itu saya sudah menyerah :D

Beberapa waktu kemudian bu lik mengabarkan lagi kalo ternyata di sana sedang terjadi error sistem, dan harus nunggu selama 3 hari, nah, saya pun menunggu sampai lebih dari 3 hari, lalu kemudian hari ini saya meluncur ke kantor Bank BNI di seputar malioboro, tepatnya di perempatan Malioboro, baru masuk Bank, tanya satpam, katanya Bank BNI tidak melayani transaksi WU (Western Union) saya pun disarankan untuk ke kantor pos pusat yang berada di seberang jalan sebelah timur Bank BNI tersebut, tanpa banyak bicara, saya pun segera ke kantor pos besar, eeeh, ternyata di sana sama saja, nomor yang saya bawa itu semuanya invalid, udah di cek pake Western Union maupun lewat Money Gram, semuanya nihil.

Alhasil saya menyerah, padahal sudah berusaha maksimal, dari rumah di Kotagede saya ke malioboro pake sepeda, menerjang panas dan abu vulkanik merapi, tapi hasil masih sama saja, nah, saya yakin yang salah bukan dari pihak penerima, tapi dari pengirim, nomor yang diberikan salah semua, saya juga sudah meminta bukti transfer di scan lalu di email ke alamat email saya, supaya jelas mana nomornya dan jelas ada buktinya, fiuhh...ada yang punya saran lain???? uang ini penting soalnya, apa lagi bukan untuk saya, bisa-bisa saya dikira melarikan duit itu lagi soalnya sampai sekarang uang kirimannya belum sampai tujuan.

Update
Setelah beberapa waktu nunggu dan konfirmasi sama pengirimnya, ternyata diketahui biang kesalahannya nih gan, ternyata eh ternyata, pihak pengirim yang salah sebut, entah kenapa sih, ternyata uang yang dikirim itu g lewat WU (Western Union) tapi lewat ENJAZ, sejenis WU katanya, hahahaha, langsung deh saya meluncur ke BNI buat mencairkan, dan Alhamdulillah akhirnya bisa sukses cair, hehehe... 

Postingan terkait:

41 Tanggapan untuk "Pencairan Kiriman Western Union Bagaimana Caranya???"

Reza Fauzi said...

maaf banget saya belum punya pengalaman seperti ini dengan western union :( jadi gak bisa bantu

Joko Sutarto said...

Ada alternatif lain mencairkan Western Union selain di kantor Pos dan bank, yaitu lewat kantor penggadaian. Hem, tapi maaf saya belum bisa sharing pengalamannya karena belum pernah coba.

Saran saya kalau nilai uangnya gede coba pakai alternatif lain seperti transfer lewat Paypal atau cek aja kalau repot lewat WU!

aldy said...

Belum bisa memberikan saran mas, saya belum pernah mencairkan kiriman lewat Western Union.

Remaja Helda said...

Bener banget, Mas, yang salah ituh pengirim di sana. Utk WU, jumlah digit-nya ya 10. Sayah belum pernah sekalipun ngga bisa nyairin duit di WU, kecuali sekali pernah juga. Waktu ituh memang nomer MTCN sayah yang salah, salah catet waktu ituh. Coba pastikan aja lg, Mas.

la tahzan said...

wah... keras banget perjuanganmu kawan, sampai muter2 dan nunggu beberapa hari tapi hasilnya nihil

Kebetulan sy juga belum pernah berurusan dg yg namanya WU.
Cuma bisa doain aja moga cepet kelar urusannya :))

aim said...

wah.. aku belum pernah berurusan dengan hal itu.. :D

perjuanganmu mantap :D

XAMthone plus said...

hahah gokil pelu perjuangan nembus badai abu merapi naik sepeda pula hebat gan...atas kegighan nya :pertamax:

kampus blog said...

untung dah cair mas..
kalau WU menurut saya yg paling cepat cair dan transaksi itu di BI mas.. atau lippo

xamthone plus said...

wah mas saya tidak bisa memberi saran mas,,,, karena saaya juga belum pernah ngambil,,,, wakwakwakwak

Alat Bantu Dengar said...

Belum pernah ngalamin euy:)

Aqiqah said...

Saran saya..tanya ma yang pengalaman :D

Baju Anak said...

nitip jejak sob:)

Alat Kesehatan said...

Maaf mas..blm bisa kasih saran..

Jasa Aqiqah said...

berkunjung sob...:)

Aqiqah Tangerang said...

Terima Kasiiiiiih.. Amat Sangat Membantu Sekali!! tapi blm bisa bantu:D

Desain Company Profile said...

sukses y mas bro;)

cetak brosur said...

ane blm pernah dapat WU bro:D

jasa company profile said...

koment aja y bro..blm bisa ngasih ide:)

kambing kurban said...

salam aja y:)

Make Money With Google Adsense said...

Enjaz?
apa lagi tu gan ?

buditech said...

Wuelwkekel untung blm nyba smua bank

Unknown said...

sama donk mas sekarang saya dapat 14digit juga jadi langsung ke BNI ajja iia mas ..
thx iia mas ..

Unknown said...

Angka yang berapa digit mas gunakan untuk mencairkannya?? Soalnya saya mengalami hal seperti mas. Tolong bantuannya :)

sumertawan said...

wah...pengalamannya seperti jaman perang saja mas, hehe...saya malah belum pernah kirim mengirim uang dengan WU. bru mau rencana nanti cari-cari info ke agen WU mengenai biaya pengiriman ke laur negeri. soalnya mau ngiri uang ke luar negeri.

Unknown said...

Saya juga mengalami hal yg sama sekarang.. Pertama 9digit. Lalu 14 digit.. Sampai detik ini belum ada kejelasan dari pihak pengirim.. Malu do buatnya bolak balik nyairin salah terus.. Enjay itu apa ya? Mohon penjelasan yg tau..

Unknown said...

Makasih gan.. Bener2 penyelamat buat kebingungan saya. Dapet 14dijit terus2an cek ke kantor pos(western union) eh ternyata WU sama enjaz beda.. Saya bakalan langsung cus BNI skrg

Rusidah Muslim said...

Pengalaman saya sering terima kiriman western Union adalah kode MTCN nya angka 10 digit..WU slain kantor pos bisa ke BII,bank danamon.

Rusidah Muslim said...

Pengalaman saya sering terima kiriman western Union adalah kode MTCN nya angka 10 digit..WU slain kantor pos bisa ke BII,bank danamon.

Unknown said...

ini yang 4 hari ini saya alami, sampai tadi pun masih aja gak bisa udah muter ke bank BRI n kantor pos bingung kode nya 16 karena biasanya cuma 10 memang.. kalau BNI memang mereka gak ada kerja sama dengan WU.. dan saya rasa mau menyerah 😖😖

Zit said...

Ko saya 9 ya gx bisa di kntor pos,dari al ansari,,tapi bisa wubjuga tapinktabptugas hrus 10 dgit duh pusing.

Daru said...

Sama banget saya juga dapat 14 digit..tapi saya bingungnya pengiriman ya kan lewat enjaz.tp kiriman atas nama saya tidak ada.saya cuma di kasih nomor 14 digit itu.terus saya harus bagaimana ini.masih bingung.

Daru said...

Mohon bantuanya kah...

Unknown said...

Iya saya juga bingung. Harus gimana

Rosiyan Rizali said...

Saya dapat 16 digit ngirimnya pake Lulu exchange.. ada yg tau dimana pencairan uangnya

Unknown said...

saya dapat 8 angka 😕😕😕 bingung kemana nyairin nya, ibu saya blg kirim melalui WU

Unknown said...

Sy dpt 10 digit kemn mncairknnya

Anonymous said...

Gan saya dapat 9 digit tempat kantor pos gak bisa
Boleh minta saran

Unknown said...

Saya td ke tangerang ke pos masa ga bs ngambil karna ktp saya luar daerah itu harus gmn ya tolong yg tau dong komen ke bca jg katanya ga bs

Unknown said...

Mas itu pengiriman dari luar negri apa lokal

Unknown said...

Saya dapat 14 digit itu pengirima lokal apa luar negri

Unknown said...

Kalau kode nya 16 digit gimana hu.. Tolong info nya