Expedition : Kotagede - Goa Selarong

Memang belum lengkap rasanya menikmati liburan yang cuma sehari dalam seminggu di hari Minggu tanpa berpetualang atau sekedar refreshing dengan teman-teman, hehe. Dan memang sudah menjadi kebiasaan kalau setiap hari Minggu pagi saya dan teman-teman melakukan petualangan bersepeda keliling Jogja, dari desa ke desa, gunung ke gunung, meski awalnya hampir selalu tanpa tujuan, namun di tengah jalan ada saja ide untuk mengunjungi objek menarik terdekat di sekitar wilayah yang dilalui.

Goa Selarong -Siapa yang tidak kenal sejarah Goa Selarong? tentu anda masih ingat pelajaran sejarah waktu SD dulu kan? atau setidaknya samar-samar masih ingat kan?

Goa Selarong adalah salah satu Goa bersejarah dan merupakan goa buatan yang dijadikan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dalam perang melawan penjajah Belanda pada tahun 1825-1830. Letak Goa Selarong masuk dalam kawasan Kabupaten Bantul, tepatnya berada di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul, sekitar 14 Km arah selatan kota Jogja. Dan konon di sini terkenal dengan bukitnya yang banyak ditumbuhi pohon jambu biji, tapi sayangnya sepertinya pohon-pohon jambu biji itu luput dari jamahan kami :D

Dari Kotagede kamu berangkat pukul 06.00 pagi dengan bersepeda, jumlah rombongan 6 orang, eit, jangan dikira kami pake sepeda Downhill atau Mountain Bike yang harganya jutaan itu ya, hehe, tidak, di sini sepeda yang digunakan cuma sepeda biasa dari berbagai jenis sepeda, ada Montain Bike, Federal lawas, BMX, dan saya sendiri pake sepeda yang ada keranjangnya :D hehehe, apa pun sepedanya, yang penting bisa sampe tujuan dengan selamat, toh berpetualang itu g perlu modal mahal kok, kalo g punya apa-apa, jalan kaki juga bisa dibikin asik
Pintu masuk objek wisata Goa Selarong
Blusukan 
Beberapa ratus meter dari pintu masuk
  
Goa Putri


O iya, di sini juga terdapat air terjun yang cukup keren menurut saya,

Air terjun
Mandi di air terjun, suegerrrrrr


Ok, dari foto-foto di atas, tampang saya sama sekali belum keliatan :D dan bagi temen-temen yang penasaran dengan bagaimana bentuk serta wujud asli saya, ada nih foto saya,
Adin   




Di lokasi air terjun kami bertemu dengan pribumi, dia memiliki senjata yang cukup menyakitkan, dan untung aja enggak keinjek, ini nih si pribumi



Demikian laporan singkat aktivitas liburan saya kemaren Minggu, hehehe, berikutnya petualangan akan terus berlanjut, tentu ke objek lain lagi

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Expedition : Kotagede - Goa Selarong"

aldy said...

Kayaknya seru ya, gua selarong hanya pernah tahu dari bacaan dan film.

tomi said...

loh mas adin rumahnya kotagede?
mananya mas? saya cm gedong kuning :D

jogja jg ternyata mas?? wah nambah 1 lagi nih blogger jogja :D

blognews said...

wahh gak ajak2 mas..
saya kalau sepedaan mau ikut mas :D

obat kolesterol said...

wah asyik nya yang udah wekend mau :nyimak:

Adin Darmawan said...

@ Aldy, asik banget pak, hehehe, saya juga baru pertama kali ini berkunjung ke Goa Selarong

@ Tomi, saya di Prenggan mas, selatan lapangan karang, ternyata kita tetanggaan ya

@ Blognews, ok deh mas, next time saya kabari kalo mau berpetualang lagi, siapa tau mas mau dan bisa ikut

@ Obat Kolesterol,sip, nikmati liburan dengan cara seadanya aja kok, yang penting happy

Masmot said...

Kok aku belum pernah kesana ya???? padahal 15 th di UGM.

BLOG-SANTAI said...

sampe rela blusukan gitu ternyata ngak sia2.. Hehe

YU^DY said...

air terjunnya seger kayaknya, pasti airnya brrrrr

Erdien said...

Wow... perjalanan yang asyik nih Mas! :nyimak:
Jadi ngiler aku :kiss:

Ahmad JO said...

cara refreshing yang segar ya back to nature
sukses mas

noersam said...

keren tempatnya....

tomi said...

ternyata banyak jg blogger yg dekat rumah saya mas..
sms aja mas atau via FB yg kabari mas..

MOXIE said...

Wow seru bgt yaaa...asik3

obat asam urat said...

wah kaya nya mantap tuh,,,, kapan gw bisa ke sana ya???????? salam kenal aja gan terima kasih