Klik Kanan Said, 'Tolong Jangan Bunuh Saya Gaaan...'

Cara atau sistem proteksi yang dilakukan oleh blogger kepada blognya masing-masing dari ancaman pelaku copy paste artikel itu ada bermacam-macam bentuk dan jenisnya, mulai dari memberikan link dari satu artikel/konten ke artikel/konten terkait lainnya sampai pada 'pembunuhan' fitur klik kanan mouse.

Memberikan link dari satu artikel ke artikel terkait lainnya tentu akan memudahkan kita melacak siapa yang melakukan pencurian terhadap karya tulis kita di blog, tidak ada masalah dengan cara ini. Tapi kalau dengan cara mematikan fungsi klik kanan mouse, apakah memang hal tersebut perlu?

Secara pribadi menurut saya terlalu jahat kalau kita mematikan fungsi klik kanan mouse pada halaman blog kita untuk melindungi konten kita dari kejahatan pelaku copy paste, kenapa? tentunya kita semua sepakat dan sama-sama tau kalau fungsi klik kanan itu tidak hanya untuk melakukan copy paste kan?

Ok, kita beri contoh kasus saja, terus terang setiap blogwalking dan melihat-lihat blog temen-temen, saya termasuk pengguna setia fitur klik kanan, sering kali ketika saya melihat ada lebih dari satu artikel menarik di blog temen-temen tu saya pengen membaca semuanya, jadi di sini fitur klik kanan saya gunakan, misalnya di blog agan ada dua artikel yang menurut saya menarik, saya tinggal klik kanan --> Open Link in New Tab untuk masing-masing artikel tadi, jadi saya di sini menggunakan fitur klik kanan untuk membuka secara bersamaan artikel menarik blog agan yang jumlahnya lebih dari satu itu ke tab baru, hal ini juga menghemat waktu loading yang saya habiskan untuk membuka dan menikmati masing-masing artikel tadi.

Dengan tidak aktifnya fitur klik kanan tadi, saya jadi harus bolak-balik dari halaman utama ke salah satu postingan yang menarik, baru setelah selesai baca saya harus balik lagi ke halaman utama untuk memilih artikel lainnya yang juga menarik, dan kalau artikel menariknya ada lebih dari dua, ya prosesnya juga jadi lebih panjang dan berulang seperti itu terus, dan itu jujur sangat menyiksa dan memangkas habis waktu saya.

Mendisable fungsi klik kanan juga menurut saya seperti menyamaratakan bahwa setiap pengunjung itu semuanya menggunakan klik kanan dan copy untuk mencuri artikel agan, padahal yang melakukan itu cuma sebagian kecil saja, nah, seperti su'udzon kan jadinya? hehe...belum lagi kalo diklik kanan terus muncul pesan 'Hayo!! mau ngapain gan??? hahahaha' dan sejenisnya, biasanya saya langsung jengkel karena merasa dituduh mau ngopas artikel, padahal saya gunakan untuk keperluan lain yang sudah saya ceritakan tadi.

So, gaya proteksi yang mau diterapkan untuk melindungi konten blog agan sih boleh apa aja, bebas ditentuin oleh pemiliknya, tapi sebaiknya cara yang dipilih juga tidak menyulitkan pengunjung yang datang dengan niat baik yang justru menjadi mayoritas pengunjung blog agan, ya gila aja orang datang baik-baik kok malah 'dituduh' mau nyolong konten, biasanya kalo saya malah blog yang mendisable fungsi klik kanan itu tidak akan saya kunjungi lagi.

Maaf gan, ini cuma saran dan uneg-uneg saya aja, mohon maaf kalo ada yang merasa tersinggung atau tidak berkenan, tidak ada maksud jelek dengan artikel ini, ya sekedar seperti surat pembaca aja kalo di koran-koran gitu...

Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Klik Kanan Said, 'Tolong Jangan Bunuh Saya Gaaan...'"

Anonymous said...

:mupeng:

Anonymous said...

:hoax: :nyimak: :thanx: :pertamax: :cendol: :sundul: :bingung: :iloveindonesia: :ngacir: :bata: :bata: :bata: :bata: :bata:

Iman said...

Wah saya nggak pernah memikirkan memproteksi blog saya dari tindakan copas. Tapi terus terang ini adalah pengetahuan baru buat saya, ternyata perlu juga kita memproteksi tulisan kita cuma mungkin dlm bentuk yang lebih elegan.

Nice share gan :thanx:

Iseng Ngeblog said...

Saya juga kadang ga nyaman kalau ada blog mematikan fitur klik kanan, karena sering saya buka beberapa artikel di satu blog di new tab, jadi kalau klik kanan dimatikan ya repot.

Selain itu klik kanan tidak mengurangi orang buat copy paste, karena dengan mudah bisa dia bisa copy lewat source atau malah pake plugin robot, seperti kasus blog saya yang disedot semua konten plus komentarnya pake plugin ini

icad said...

kalo takut di kopas jangan ngeblog :iloveindonesia:

children health care said...

iya tuh,perasaan cuma ada di blog2 negara ini,di negara lain aku belum pernah nemuin webmaster yang sampe matiin fitur "kklik kanan" pada mouse pengunjung

Agung Pushandaka said...

Saya juga kadang-kadang membuka tab baru untuk baca artikel dari satu situs/blog yang sama. Tapi kadang-kadang banget. Sumpah! :D

Remaja Helda said...

Sayah juga ngga begitu suka klik kanan di-disable. Tapi, semuanya tergantung dari diri masing-masing. Kita juga bisa nyalahin. :)

mengeluh said...

kalo saya gak masalah sih, mau di copas.... asal di tulis aja sumbernya. heheheh....

Gugun said...

kalau saya sih untuk masalah copas, lebih baik diserahkan kepada pribadi masing-masing jadi saya tidak ikutan mendisable klik kanan

ramlan n' arie said...

salam kenal, nice info, kunjungan balik diTunggu di sini http://ramlannarie.blogspot.com/ dan http://ramlannarie.wordpress.com/

Batu said...

ijin :nyimak: gan..
selama sumber dicantumin, sepertinya tidak terlalu masalah jika meng-copy paste

sekedar wacana said...

saya sepakat dengan kesimpulan akhir sampean. saya sendiri pernah mencobanya..pada blog saya yang dahulu http://azhariaf.blogspot.com dan memang sangat sepi.

salam; www.bangngangan.com

Erdien said...

Betul Mas, saya juga sering mengalami seperti itu. Penggunaan Klik Kanan memang seringkali dibutuhkan dan bukan untuk Kopas aza :)
Kalo saya sendiri sieh, biarin aza orang mo kopas mo gimana juga, toh makanya ditampilkan diblog juga buat dikonsumsi orang lain. Walaupun ada yang berbuat menyimpang (melanggar etika), ya ntu mah tanggung sendiri akibatnya. Andaipun nggak ketahuan, toh Tuhan Mahatahu :ngacir:

Bayu Lebond said...

yen aku luweh seneng copas bung dari pada pos kota....:bingung:

Joko Sutarto said...

Selain mematikan klik kanan ada juga cara lain yang bisa mengurangi kenyamanan pengunjung. Yaitu dengan mematikan highlight teks sehingga teks tidak bisa diblock atau disorot. Cara melindungi content seperti ini juga sama, tak kalah merepotkannya dengan mematikan klik kanan.

Mungkin bloggernya berpikir pakai cara itu content blognya akan aman dari copas. Padahal, banyak cara lain untuk mencopas selain pakai kedua cara itu. Contoh lewat feed RSS, lewat pengintip anchor text seperti interclue, lewat menu edit-select all-copy dari browser dan masih banyak lagi.

XAMthone plus said...

wh kalau begini jadi ribet juga ya di proteksi salah gak di proteksi salah juga bingung tapi lebih baik gak di proteksi yng suka copas :bata: kita lemparin

iskandaria said...

Kalo saya nemu yang kayak gitu, tinggal saya nonaktifkan aja fungsi javascript pada setelan browser :D

obat alami asam urat said...

salam kenal aj bro... nice infonya

obat maag said...

wah kalo begini jadi ribt dong,,, salam kanal aja bro,,,