Yuk Belajar Goblok Dari Bob Sadino

Iseng jalan-jalan ke Gramedia, saya menemukan satu buku yang bikin penasaran, judulnya nyentrik, tapi saya yakin di dalamnya pasti ada sesuatu yang luar biasa, jelas saja, isi buku ini adalah cerita pengalaman dan kiat-kiat bisnis yang dijalankan oleh salah seorang konglomerat Indonesia, Icon Enterpreneur sukses yang selalu berpenampilan nyentrik, Bob Sadino, dan judul buku ini adalah 'Belajar Goblok Dari Bob Sadino'.

Buku ini memang belum selesai saya baca, tapi beberapa inti pokok isi buku ini sudah mulai bisa saya tangkap sejak awal membaca buku ini.

Di awal membaca buku ini, kesan awal yang muncul adalah motivasi yang luar biasa bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan pendidikan sampai jenjang yang lebih tinggi sampai bangku kuliah, dan di sisi lain adalah pukulan bagi mereka yang mampu mengenyam pendidikan tinggi, lulus dengan titel sederet, tapi tidak bisa apa-apa selain sebatas banyak tau soal teori (tidak semua sarjana seperti itu tapi memang banyak yang demikian).

Intinya adalah Ilmu tidak hanya didapat dari bangku sekolah dan kuliah saja, tapi ada banyak ilmu terapan yang lebih berguna yang bisa didapatkan di 'jalanan'.

Buku ini diawali dengan cerita masa kecil Bob Sadino, bagaimana pergaulan beliau semasa kecil, bagaimana kehidupan remaja beliau, juga pengalaman bekerja di perusahaan besar asing yang memberi penghasilan besar kepadanya tapi akhirnya ia tinggalkan karena merasa tidak betah menjadi bawahan.

Bob Sadino keluar dari pekerjaannya, kemudian kembali ke Indonesia dengan membawa 2 mobil Mercedes mewah miliknya dari hasil kerja kerasnya selama menjadi karyawan di perusahaan asing tersebut.

1 mobil kemudian ia jual untuk kemudian dibelikan tanah di daerah Kemang, dan satunya lagi dijadikan Taksi gelap sebagai penyambung hidup beliau.

Buku ini juga menceritakan tentang keterpurukan Bob Sadino ketika mobil yang ia jadikan Taksi sebagai penopang hidupnya itu mengalami kecelakaan hingga tidak dapat tertolong lagi, maka pada saat itu hilang sudah satu-satunya sandaran ekonomi keluarganya, untuk meneruskan hidup, Bob Sadino melakukan pekerjaan apa pun meskipun sebelumnya ia tidak memiliki pengetahuan tentang bidang itu, pernah juga ia bekerja sebagai kuli bangunan.

Tapi kegagalan dan keterpurukan ini merupakan satu titik balik yang justru peristiwa-peristiwa berikutnya yang akan ia hadapi akan menjadi langkah awal kesuksesannya hingga ia bisa seperti sekarang ini.

Saat ini kita sudah akrab dengan produk peternakan ayam broiler, baik dari telur maupun dagingnya, dan ternyata semua itu adalah berkat jasa Bob Sadino, beliau lah yang mempelopori ternak ayam impor ini di Indonesia atas bantuan salah satu mantan rekan kerjanya yang merasa prihatin melihat Bobsy (panggilan Bob Sadino) terpuruk pada saat itu.

Buku Belajar Goblok Dari Bob Sadino ini juga menjabarkan metode bisnis dan manajemen 'aneh' yang dijalankan oleh Bob Sadino, bagaimana ia memimpin perusahaannya, bagaimana ia menjaga hubungan dengan anak buahnya, juga bagaimana kepercayaan yang ia berikan kepada anak buahnya.

Soal hubungan dengan bawahan, pernah salah satu anak buah Bob Sadino melakukan suatu kesalahan sehingga menyebabkan perusahaan rugi hingga $5 Juta, tapi apa yang ia lakukan? Bob tidak memecat karyawannya itu, 'Biarkan mereka bangkit, memperbaiki dan belajar dari kesalahannya sendiri' begitu kata Bob.

Berbeda dengan pengusaha lainnya, Bob Sadino tidak melibatkan anggota keluarganya pada bisnis dan perusahaan yang ia miliki, hal ini untuk mencegah perpecahan keluarga yang disebabkan oleh masalah bisnis.

Satu prinsip yang dilakoni oleh Bob Sadino adalah 'Tidak usah berencana karena sebagian besar kenyataan tidak akan berjalan sesuai rencana, tidak usah berharap karena harapan akan pupus, tidak usah punya tujuan karena hanya akan membatasi diri kita'...bagaimana menurut anda? Goblok bukan? dan sepertinya prinsip ini hanya cocok dipegang oleh Bob Sadino, tapi makna dari prinsip ini sebenarnya bisa dikatakan mantab juga.

Bagi Bob Sadino, hidup itu dijalani saja, susah senangnya dilalui saja, makin banyak menemui kesulitan, makin banyak kita bisa belajar, makin banyak kita melakukan kesalahan, makin banyak pengetahuan yang kita dapatkan.

Apa artinya rencana yang detil dan rinci kalau kita sendiri takut untuk merealisasikannya? apa gunanya harapan padahal kita tau bahwa tidak semua harapan akan terpenuhi, Bob juga tidak pernah menetapkan Tujuan, tapi walaupun demikian apa yang ia peroleh mampu melebih apa yang menjadi tujuan banyak orang, termasuk orang 'pintar'.

Pokoknya dalam buku ini terdapat banyak hal aneh dari seorang aneh yang telah membuktikan kesuksesannya, apa yang ia lakukan tidak sedikit yang keluar dari pakem yang ada, keluar dari aturan baku yang tertulis dan diajarkan di lingkungan pendidikan formal, ya, jalanan atau kehidupan nyata adalah tempat belajar yang sesungguhnya, kesalahan dan keberhasilan dalam dunia nyata tidak mungkin semua ada di teks wajib yang didapat di bangku sekolah atau kuliah.

Teori adalah informasi basi kata Bob, karena yang ada dalam teori (buku) adalah sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu, sedangkan kita hidup maju ke depan, kalau kita terlalu berpegang pada teori yang sudah diajarkan ke kita, itu sama saja kita makan makanan basi setiap hari, hidup butuh improvisasi.

Apa yang ada di buku ini sudah dibuktikan hasilnya oleh Bob Sadino, dan kita semua bisa menyaksikannya. Setuju atau tidak dengan apa yang ia katakan, kita bisa lihat hasil nyata yang sudah dia dapatkan, dan kita juga bisa belajar dari pengalaman si Enterpreneur sukses ini.

Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "Yuk Belajar Goblok Dari Bob Sadino"

sibair said...

Itu memang buku yang luar biasa :D cuma saya belum punya sih...

bluethunderheart said...

aku juga belum memiliki buku tersebut
salam hangat dari blue

ardy said...

itu yang di JEC kan mas? wah udah sempet lihat spanduknya di pinggir jalan mau ikt malah lupa :v

Admin said...

@ Ardy, di JEC gimana? pas pameran po? saya malah g tau, hehe, saya liat ini di Gramedia, sebenernya mau beli buku yang satunya, tapi ternyata harganya udah naik, jadi beli yang ini :D

Guusn said...

ditunggu mas review bukunya.

Reza Saputra said...

konyol tapi menguntungkan :D

genial said...

buku yang luar biasa! termasuk bisa memberikan motivasi yang kuat buta kita kang :)

andre said...

kayaknya bagus tu, besok dah jalan2 ke gramedia.

Coretanku said...

waduh, di tempat ku gak ada gramedia.
harus ke kota besar nich...

News Car said...

salut sama perjuangan beliau.. ceritanya menarik kayaknya.. :D Boleh boleh.... besok maen ke toko buku ach.. siapa tau disni dah masuk.. :D

Obat Herbal Kanker Usus said...

wah salut bener nih gan , ini sangat memotipasi banget gan , di tunggu reviem bukunya lagi mas

Homejobstop said...

Thanks for your article its really good man

Leo said...

Satu hal yang saya simpulkan dari Bob Sadino, kalau kita kaya, meskipun kemana-mana pakai celana pendek, nggak akan ada yang berani mencela :)

tomi said...

goblok tp itu malah jitu mas..
hidup dengan selalu bersyukur dan tidak terlalu dibebani dengan target dan impian, malah kita bisa bebas berekspresi..
saya jg mengagumi beliau

how to trick a drug test said...

ditunggu mas review bukunya.

dicka said...

Tidak usah berencana karena sebagian besar kenyataan tidak akan berjalan sesuai rencana, tidak usah berharap karena harapan akan pupus, tidak usah punya tujuan karena hanya akan membatasi diri kita'




REGARDS:
DICKA PRAMESTI

dewi said...

buku yang keren sekali!

CahBolinggo said...

ane tunggu reviewnya gan.. :D

Ferry said...

Nyari buku ini susah banget.emang agan di daerah mana??

Admin said...

@ ferry, di Jogja mas, kaya'e di gramed masih ada

star night said...

Ah jadi makin penasaran sama bukunya.
Pengen baca yang fersi full nya deh.

TukangCetak.net said...

Yang penting action..

percuma banyak plan tapi ga ada action..