Addon InFormEnter Dari Mozilla Firefox

Pada postingan beberapa waktu yang lalu saya telah menjelaskan mengenai penggunaan salah satu addon dari Mozilla Firefox yang dapat dimanfaatkan sebagai submitter social bookmark otomatis, ialah iMacros. Dan kali ini kembali saya mencoba membahas addon Mozilla Firefox lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk hal serupa, memudahkan submit ke social bookmark. Kali ini addon yang akan saya bahas ialah Addon InFormEnter, apa dan bagaimana penggunaan addon InFormEnter ini? simak artikel berikut ini.

Berbeda dengan iMacros yang dapat dimanfaatkan menjadi submitter semi otomatis dengan mengutak-atik sedikit scriptnya, maka untuk InFormEnter kita tidak perlu mengutak-atik script apapun, kita tinggal menyiapkan data apa saja yang akan disubmit ke social bookmark, mulai dari url, title, description, dan tag.

Untuk penggunaan Addon InFormEnter ini, kita harus menginstalal addon InFormEnter terlebih dahulu, untuk download bisa dari sini. Setelah addon terinstall, kini saatnya kita menyiapkan data-data yang akan disubmit nantinya (url, title, description, tag, dan data lain bila diperlukan).

Setelah Addon terinstall pada status bar Mozilla kita akan muncul icon seperti ini :



Contoh Data Submit:

Url : http://rumahadin.blogspot.com/2011/04/jasa-pembuatan-radio-streaming.html
Description : Ini contoh description, usahakan jangan terlalu pendek, tapi juga jangan terlalu panjang
Tag : Jasa Pembuatan Radio Streaming

Siapkan data-data seperti di atas, sementara ditulis di notepad terlebih dahulu, formatnya seperti di atas (tulisan warna merah tidak perlu ditulis), jangan di wordwrap notepadnya.

Setelah itu klik icon InFormEnter yang ada di statusbar (seperti gambar di atas), lalu klik InFormEnter Option.

Lalu kita akan masuk ke modul InFormEnter seperti gambar berikut ini :


Lalu buat profil baru yang berisi data-data yang akan kita submit tadi dengan klik tombol Add. Lalu akan tampil form sebagai gambar di bawah ini :


Tulis nama profile sesuai keinginan anda, untuk lebih mudah mengingat lebih baik diisi sesuai tema artikel yang akan disubmit, untuk contoh di atas saya menamai profil baru tersebut dengan 'Radio Streaming', Lalu klik Ok.

Setelah itu kembali ke Form isian awal, masukkan data yang sudah kita siapkan di notepad tadi, copy dan paste ke form data InFormEnter seperti pada gambar berikut :
Klik Gambar untuk melihat tampilan lebih besar
Lalu klik Ok.

Setelah semua proses di atas kita selesaikan, selanjutnya kita tinggal melakukan submit artikel ke social bookmark, tentunya artikel yang tadi sudah kita siapkan menggunakan Addon InFormEnter.

Setelah anda login ke situs Social Bookmark yang akan kita submit, kemudian klik submit atau Add (nama pada masing-masing situs Social Bookmark berbeda), lalu kita akan diminta memasukkan url artikel yang akan disubmit, tetapi terlebih dahulu perhatikan icon yang muncul di samping atau kadang di bawah kolom isian, seperti gambar berikut :


Icon yang saya lingkari dengan warna merah adalah icon InFormEnter yang kemudian akan kita gunakan untuk memasukkan data-data yang diminta. Klik icon tersebut, lalu akan muncul popup menu sebagai berikut :


Popup menu yang tampil berisi data-data yang sudah kita siapkan tadi, sehingga untuk mengisi kolom isian kita tidak perlu lagi mengetik manual, cukup dengan klik pada isian yang sesuai, sebagai contoh di atas untuk mengisi url artikel saya klik pada menu http://rumahadin[...]0-streaming.html (Perhatikan fokus mouse pada gambar di atas). Lalu klik submit/next (tergantung situs SB masing-masing).

Selanjutnya ketika kita masuk pada form isian selengkapnya (title, description, tag, dll), maka di masing-masing kolom isian akan muncul icon InFormEnter seperti pada saat kita akan memasukkan url tadi, perhatikan gambar berikut :


Selanjutnya tiap-tiap kolom isian tersebut dapat anda isi dengan menggunakan cara seperti saat memasukkan url tadi, pilih data yang akan di submit sesuai dengan kolom isian tersebut.

Addon ini cukup bermanfaat untuk melakukan submit ke situs-situs social bookmark, apalagi bagi yang sedang mengikuti kontes SEO seperti kontes Jasa Pembuatan Radio Streaming atau kontes Websasdesign.com Cinta Blogger atau kontes Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood, walaupun sebenarnya penggunaan addon ini tidak hanya terbatas untuk submit ke social bookmark, tetapi juga dapat digunakan untuk hal-hal yang lain seperti login email, facebook, atau lainnya.

Perbedaan menggunakan iMacros dengan InFormEnter ialah jika kita menggunakan iMacros sebagai submitter otomatis dan kemudian situs social bookmark yang akan kita submit artikel kita tersebut tidak menggunakan captcha, maka iMacros dapat menjadi submitter yang benar-benar otomatis, mulai dari login, submit, hingga logout, tetapi jika situs SB yang dituju menggunakan Captcha maka step manual yang perlu kita lakukan hanya pada saat pengisian Captcha saja.

Sedangkan jika menggunakan InFormEnter, kita tetap melakukan submit secara manual, hanya saja kita dapat lebih menghemat waktu yang mungkin akan lebih banyak habis jika setiap kolom isian kita ketik manual, dengan InFormEnter kita tinggal klik pada data yang sudah kita siapkan, tentunya yang sesuai dengan kolom isian tersebut.


Semoga bermanfaat...

Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "Addon InFormEnter Dari Mozilla Firefox"

obat asam urat said...

waduh tawaran informasinya menarik sekali nih , jheheh ane ijin langsung download gan , makasih banyak gan buat ilmnunya
terimakasih juga telah berbagi

Anonymous said...

Terima kasih atas informasinya, kapan-kapan saya akan coba add-on ini!!!

obat tradisional penyakit maag said...

wah bgs bngt infonya sukses selalu ya pak dan trima kasih bnyak sdh mau berbagi.

obat alternatif asma said...

terimakasih buat banyak buat infonya , kapan-kapan aku coba deh

obat batu ginjal said...

mantap nih sob , langsung saja ke tkp

obat herbal kolesterol said...

keren juga nih informasinya,sangat bermanfaat sekali gan , makasih banyak buat infonya

Goyang Karawang said...

mozilla memang komplit dan bersahabat dengan blogger ya mas.. IE dan opera tertinggal makin jauh :D

obat batu ginjal said...

mantap sekali nih informasinya, langsung cek ke tkp gan

tomi said...

wahh bs dicoba nih mas.. kompatibel dengan FF4?

XAMthone plus said...

wah tutorial mantap sekali nih gan , sangat bermanfaat gan , makasih banyak nih buat infonya

obat luka diabetes said...

wihh... ilmu baru nie....
makasih y atas informasinya..
salam kenal juga

How to pass nicotine testing. said...

Well, this is an very interesting post. This post was very well written .I appreciated your distinguished way of writing the post. It was Very refreshing post with attractive ideas. I am looking forward to read your next great article .keep continue your post ..thanks for sharing.

Rina As said...

Proses submit ke situs social bookmark jadi lebih mudah..
Patut untuk dicoba..

Batik Modern said...

Mantaf om infonya...
semoga sukses..

Unknown said...

izin gan
pulauseribume.wordpress.com/