Benda Bercahaya Misterius Di Langit Jogja Desember 2011

Sebuah objek bercahaya misterius berhasil mencuri perhatian saya tadi malam (Jum'at, 9 Desember 2011, antara pukul 01.30-02.00 WIB), benda tersebut terlihat sangat terang di atas langit Jogja sebelah barat dengan latar langit yang kebetulan tadi malam tampak sangat cerah dan bersih tanpa mendung.

Jika dilihat dari ukurannya, benda bercahaya ini terlihat kira-kira sampai 5x lebih besar dari pada bintang terbesar yang pernah saya lihat sebelumnya, bentuknya pun tidak seperti bintang lainnya, sedikit terlihat berbentuk kotak, jadi semacam kotak bercahaya dengan ukuran lebih besar 5x lipat dari pada bintang terbesar lainnya.

Karena bentuk, ukuran, dan tingkat kecerahannya berbeda dari biasanya, saya jadi menduga-duga sebenarnya objek yang saya lihat itu apa, apakah pesawat? satelit? lampu tower BTS? bintang? planet? layang-layang berlampu? atau malah UFO?


Sebelum lanjut ke analisa, mohon maaf saya tidak menyertakan bukti foto atau video penampakan tadi malam di artikel ini, karena kebetulan saat itu memang tidak membawa kamera (sangat disesalkan), tapi apa yang saya ceritakan disini memang apa yang saya lihat tadi malam, hoax atau bukan, terserah bagaimana anda menyikapinya.

Analisa Objek Bercahaya Misterius di Langit Jogja 9 Desember 2011

Pesawat

Coba sedikit menganalisa saja, kalau benda misterius itu adalah pesawat, sepertinya kurang meyakinkan, selama beberapa menit saya terus mengamati obyek tersebut, sama sekali tidak ada pergerakan, tidak ada perubahan ukuran yang menandakan obyek itu mendekat atau menjauh jika memang pesawat, tidak berpindah tempat, dan dalam keadaan langit yang cerah dengan cahaya bulan yang terang ditutupi sedikit awan tipis sama sekali tidak terlihat siluet berbentuk pesawat seperti lumrahnya pesawat yang sering lewat.

Selain itu juga tidak terdengar suara mesin pesawat, jika dilihat dari ukurannya, jika memang itu pesawat, berarti pesawat tersebut jaraknya dekat atau tidak terlalu tinggi, dan situasi pada saat itu cukup sepi (antara pukul 01.30 - 02.00 dini hari). Jadi bisa disimpulkan bahwa objek ini bukan pesawat komersil maupun pesawat jenis lainnya. Atau apakah benda tersebut adalah pesawat mata-mata Amerika? :D

Satelit

Next, apakah benda itu satelit? seperti halnya pesawat, saya ragu kalau itu satelit, lagi-lagi saya tidak melihat adanya perubahan jarak, tidak ada pergerakan, atau lainnya, alias benda tersebut berada pada posisi yang sama, setidaknya sejak awal saya melihat sampai beberapa menit kemudian saya tinggalkan.

Lampu Tower BTS dan Sejenisnya

Lalu apakah benda bercahaya yang saya lihat itu adalah lampu dari Tower BTS atau sejenisnya? Biasanya, lampu Tower BTS berwarna merah, dan setidaknya dalam satu menara ada lebih dari 1 lampu, tapi obyek bercahaya yang saya lihat tadi malam hanya terlihat seperti satu benda saja yang memancarkan cahaya berwarna putih cerah.

Dan lagi-lagi dalam keadaan langit cerah tidak terlihat siluet menara atau tower di bawahnya, juga dari segi ketinggian benda bercahaya misterius tersebut letaknya kira-kira jauh lebih tinggi dari pada tinggi tower BTS.

Bintang dan Planet

Jika bukan pesawat, satelit, helikopter, atau sejenisnya, maka kemungkinan lain benda bercahaya misterius yang tampak di langit Jogja pada hari Jum'at dini hari tanggal 9 Desember 2011 itu adalah salah satu bintang atau planet yang ada di angkasa. Untuk yang satu ini memang saya sedang mencari dari berbagai sumber mengenai benda apa saja yang pada beberapa hari ini sampai beberapa hari kedepan tampak jelas di langit.

Yang jelas dilihat dari ukurannya, maka pastinya benda ini berjarak sangat dekat dengan bumi atau memang ukurannya cukup besar hingga dari sini terlihat hampir sebesar sepertiga ukuran bulan.

Atau ada hubungannya dengan peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT)  yang akan terjadi besok sabtu tanggal 10 Desember 2011?

Menurut sumber yang saya temukan, peristiwa Gerhana Bulan Total yang terjadi tanggal 10 Desember 2011 besok termasuk peristiwa yang langka, bukan hanya karena persitiwa gerhananya saja, tapi pada saat itu jika langit cerah dan kita berada di tempat yang tepat (gelap dan tidak terganggu objek lain) maka beberapa benda angkasa akan dapat terlihat jelas, berikut ini saya cuplik dari sumber yang saya baca :

"GBT terjadi tatkala Bulan sedang melintas di rasi Taurus sehingga pada saat puncak gerhana, Bulan ada di latar depan selempang Bima Sakti. Inilah galaksi tempat Matahari dan seluruh tata surya berada, sekaligus salah satu galaksi terbesar dan tertua dalam jagat raya serta galaksi ‘monster’ yang telah menelan sejumlah galaksi kecil lainnya yang kebetulan berpapasan. Beberapa bintang terang akan terlihat mendampingi Bulan. Misalnya saja bintang Sirius, bintang paling terang di langit setelah Matahari. Pun demikian bintang Aldebaran dan Betelgeuse, dua maharaksasa yang demikian besarnya sehingga bila berdampingan dengan Matahari kita, Matahari nampak sangat kerdil. Padahal Bumi kita pun hanya setitik debu bila dijejerkan dengan Matahari. Pada titik ini, jika kita masih merasa jauh lebih besar dari segala apapun yang ada di alam semesta ini, ya kebangeten…

Beberapa benda langit lainnya pun dapat terlihat. Misalnya saja Jupiter sang planet raksasa itu. Di dekat Bulan pada saat puncak gerhana juga bisa terlihat gugus tujuh bintang bersaudara alias Pleiades. Asterisme yang menjadi penanda musim dingin, yakni segienam musim dingin, pun berpotensi terlihat di sisi timu Bulan. Sedangkan di langit selatan dua galaksi kecil nan redup tetangga Bima Sakti, masing-masing galaksi Awan Magellan Kecil dan Awan Magellan Besar, pun berpotensi terlihat."

Note : GBT = Gerhana Bulan Total
Sumber : http://www.kafeastronomi.com/gerhana-bulan-total-10-desember-2011.html

Jadi apakah objek bercahaya yang saya lihat tersebut adalah salah satu dari beberapa benda langit yang dapat terlihat jelas? misal planet Jupiter atau bintang lainnya?

Jika benda tersebut bukan salah satu dari beberapa kemungkinan yang saya sebutkan di atas, saya lebih berharap benda tersebut adalah UFO (Unidentified Flying Object) dari pada pesawat mata-mata Amerika, hehe.

Finally, apakah ada dari anda yang kebetulan tadi malam juga melihat atau mengamati objek yang sama (objek tersebut)? bagi yang sama-sama melihat dan kebetulan ada foto atau videonya, boleh dong di share.

Postingan terkait:

27 Tanggapan untuk "Benda Bercahaya Misterius Di Langit Jogja Desember 2011"

Anonymous said...

Wah jadi pengen lihat, padahal semalem juga belom tidur jam segitu... tau mau ada kejadian gt mbok ya main laptop e diluar biar bisa lihat :D

universal testing machine said...

wah fotonya ada gak mas? pengen liat dong . . .

floor scale said...

iya nih fotonya dong hehehe

automation said...

mudah mudahan gak terjadi apa apa lagi di Indonesia

aditya said...

wuhh di jogya jam 2 an,
saya di jakarta jam 3 lebihan denger suara aneh di atas genteng saya kaya gema suaranya aneh, ,trus udah gtu disusul suara pesawat jet, trus suara gema itu ngejauh tapi masih kedenger, ,nah pas suara jet udah rada jauh juga ,tuh suara ?ufo? mulai ngedeket lagi, ,tapi cuma 2 menit an ,langsung ngejauh lagi,anjing di rumah saya yg asalnya berisik diem langsung. .
kejadianya sekitar 20 -30 menitan, antara jam 3 lebih -jam 4 kurang,
trus bukan saya aja yg denger ada beberapa juga yg denger di tempat lain,

Adin Darmawan said...

@ aditya, gak coba diliat keluar mas? sayang sekali saya gak ada kamera kemarin..tadi malem saya coba mengamati lagi, tapi benda yang sama gak muncul lagi mas, bener2 misterius

addyn said...

sayangny aga liat mas, udah pergi ke alam mipi ^__^

Virmansyah said...

saya g ada fotonya :(

ada-akbar.com said...

Hmm..aneh lho ..
tapi menurutku itu salah satu penampakan planet.. hmm

Adin Darmawan said...

@ Addyn, wah, rugi banget mas kalo gak liat :D

@ Virmansyah, liat juga mas?

@ Ada-akbar.com, kalo itu planet, ukurannya guede banget mas, bentuknya juga keliatan rada kotak gitu, belum lagi tadi malem tak amati lagi gak muncul, aneh

FridiGraph said...

wah, jadi ingin balik ke waktu tadi malem biar bisa lihat sendiri. ^^
@Aditya : masnya kok g pengen lihat keluar? lihat ada apa di luar.

bagaikan said...

iya gan aneh akhir akhir ini nyesel kenaren g ikut jepret ke langit

Ardi said...

No Pic is HOAX :D

Tongkonanku said...

Sayang banget ya, nggak ada bukti foto/video nya. Coba kalau ada, khan bisa ikut menganalisa. :)

myarfa said...

ye masak kita kita di suruh meng kira -kira benda apak itu?....

tomi said...

kalau di kaskus NO PIC = HOAX gan :D
ehhehe.. mgkn bisa jadi jg efek cahaya mas.. lampu sokle sekaten hehehe

Adin Darmawan said...

@ Tomi, lha makane kuwi mas tomi, kudu nduwe kamera nek pengen dipercoyo :D hehe, tapi nek sokle udu ah, nek sokle kan le ketok ki nyelorot neng awan, tapi iki ora terhalang awan, malah ra eneng awan, y ming sithik eneng sih, gek murupe yo jelas banget, koyo lampu, tapi mosok lampu melayang, apa-apaan kuwi :D hehe

jasa penerjemah tersumpah said...

semoga hanya ilusi belaka dan bukan pertanda yang tidak baik...salam kenal n sukses selalu.thnks

thom said...

Kok ndak ada gambarnya? :D

Kata orang kaskus, 'ora ono gambare = HOAX' lhoo :D

aku nak jam semono i dah tidur hihihi

bintang said...

No picture = HOAX :)

Kaget said...

Apa cuma muncul di Jogja? Analisa ngga ada? Lalu, kira2 apa? Postingnya nanggung :(

SlameTux said...

banyak ya Benda Bercahaya Misterius Di Langit Jogja? untuk gambarnya ada ta?

Anonymous said...

sokle

UnIdentified said...

w jg liat hal yg sama di bulan Desember waktu itu tepatnya tgl 3 Des (dococokkan dg status FB yg w buat waktu liat tuh bintang). Tepatnya w berada di Jakarta. Tuh bintang yg w liat terang banget n bukan hanya 1 bintang tp kyk ada 3 bintang besar terang berdekatan ngumpul jd kyk bentuk 1 bintang besar bgt.
Dilangit lain disekitarnya tp gk ada bintang muncul.. Aneh jg sih.. nih w masih searching di google.. Klo ada yg sama kyk w ngeliat gt jg critain yaa.. thanx..

obat herbal leukimia said...

kemungkinan ini pesawat mata-mata amrik gan

Jacinthe said...

Wih jangan2 UFO >.<
mesin fotocopy | SEO Company | rumah dijual | perlengkapan bayi | jakarta hotel | party organizer | parfum

Jefry said...

kalau saya sendiri belum pernah melihat penampakan aneh di langit malam mas, jadikan ini pengalaman yang berharga
nice share