Tips Mengisi Security Question

Tips Mengisi Security Question (Tips Keamanan Security Question) - Ketika kita membuat email, sebagai penjaga keamanan selain diminta membuat password kita juga diminta untuk mengisi security question atau pertanyaan keamanan, dimana security question ini berfungsi sebagai pertahanan keamanan terakhir ketika kita mengalami lupa password.

Kita dapat memilih dari beberapa pertanyaan keamanan yang tersedia, atau membuat pertanyaan sendiri, kemudian kita harus mengisi jawaban untuk pertanyaan itu. Dalam memilih atau membuat pertanyaan, kita harus memilih pertanyaan yang kita tau betul jawabannya dan tidak boleh lupa.

Security Questions : Celah Keamanan Pada Pertahanan Terakhir (Pertahanan Terakhir Yang Rapuh)

Meskipun terlihat sederhana, namun proses ini terbilang sangat penting dan tidak dapat disepelekan, gunakan pertanyaan yang sekiranya hanya kita yang tau jawabannya, karena kesalahan dalam memilih security question atau pertanyaan keamanan justru akan menjadi jalan mudah bagi masuknya hacker yang akan mengambil alih akun email kita.

Berikut ini beberapa tips memilih dan mengisi Security Question atau Pertanyaan Keamanan (Tips Keamanan Security Question) versi saya :
  1. Pilih pertanyaan yang hanya kita yang tau jawabannya,
  2. Seperti halnya membuat password, tidak ada salahnya dalam memberi jawaban untuk pertanyaan keamanan tersebut kita memadukan antara huruf, angka dan kode supaya lebih susah ditebak,
  3. Jika kita yakin memiliki kekuatan ingatan yang baik, kita bisa mengisi jawaban dari pertanyaan tersebut dengan jawaban yang justru tidak ada hubungannya dengan pertanyaan, dengan demikian hacker akan lebih susah menebak jawaban atas pertanyaan tersebut, sehingga password dan akun kita akan lebih aman.
Memilih dan mengisi security question sama pentingnya seperti ketika kita membuat password, namun sayangnya kebanyakan dari kita masih menganggap remeh tahap membuat email yang satu ini, sehingga justru menjadikan celah keamanan yang tidak kita sadari.

Dari mana hacker dapat menemukan jawaban atas security question yang kita buat?

Banyak jalan untuk mendapatkan informasi detail tentang diri kita, mulai dari melakukan perkenalan dan pendekatan secara halus sambil mengumpulkan informasi, sampai memanfaatkan media yang sudah ada seperti facebook.

Tidak jarang kita memberikan informasi yang terlalu lengkap di facebook, alih-alih untuk memberikan informasi lengkap kepada teman-teman online kita, tapi justru 'kesalahan' ini dapat memberikan kemudahan bagi hacker atau orang usil untuk mengambil alih akun email kita. 'Kesalahan' karena tak jarang informasi pribadi yang kita tampilkan di facebook ada hubungannya dengan password maupun jawaban atas security question akun email kita.

Jika akun email kita sudah jatuh ke tangan orang lain, maka siap-siap saja akun internet kita yang lain akan jatuh ke tangan orang asing, misal facebook.

Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Tips Mengisi Security Question"

alat pengukur cuaca said...

makasih ya gan infonya

harga timbangan digital said...

ya nih sangat bagus artikelnya

inverter said...

oh gini toh menjawab security question

Widi Dede said...

paling bagus emang security question :D

askep said...

bener, saya juga kadang buat SQ yg g nymbung antra prtnyaan dg jwban.

jgn lupa mampir ke eMingko Blog

Unknown said...

Terimakasih info dan pembelajarannya Gan.

Sukes selalu
Salam
Ejawantah's Blog

stupid monkey said...

setuju gan, pengalaman gw juga begitu tuh pas lupa passwd,..

anieyuna said...

makasih infonya, ,

anieyuna said...

makasih infonya, ,

tomi said...

sekurity question yg tak buat biasanya susah dilacak mas.. lah wong saya sndiri mpe lupa apa jawabannya..
itu yg tak alami shingga domain kesayangan saya gak bs diapakkan :D

addyn said...

betul juga mas, masi tersambung dgn postingan q hihi

Unknown said...

sama mas,,saya juga gitu,, :D
pertanyaan sama jawaban g nyambung,,wkwkwk..tapi wes tau lali,,untung tak catet neng notepad :D

AdminOke said...

Good article writer for you. Thanks for another wonderful post