Evaluasi Kontes SEO Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan

Salah satu hal menarik dari blogging menurut saya adalah kontes seo, tidak peduli meskipun saya bukan seorang ahli atau pakar seo, tetapi secara pribadi memang mengikuti kontes seo merupakan pemacu untuk belajar lebih banyak mengenai teknik seo, sekaligus merasakan sensasi bersaing dengan sejumlah ahli-ahli yang lebih senior dari(dari segi ilmu) pada saya.


Saya masih ingat kontes seo yang pertama kali saya ikuti, kontes Mbah Gendeng, waktu itu saya masih menggunakan blog andalan saya (blogadin.web.id), dengan kemampuan yang pas-pasan karena memang bisa dikatakan saat itu saya masih nol soal pengetahuan SEO, tapi saya nikmati, karena memang waktu itu saya melenggang ikut kontes tanpa target menang, semata-mata untuk belajar saja.

Dari pengalaman mengikuti kontes itulah akhirnya saya berkenalan dengan yang namanya backlink, situs social bookmark, plugin seo, dll. Baru saya menyadari pentingnya hal-hal tadi. Kemudian sejak saat itu saya mulai belajar bagaimana caranya agar artikel yang saya tulis bisa masuk ke halaman depan SERP, menduduki posisi yang strategis, dll.

Hasilnya, lama kelamaan blogadin.web.id yang saya kelola itu makin baik posisi SERP-nya, malahan rata-rata hanya dalam waktu 5 menit setelah selesai posting dengan target keyword yang cukup banyak saingannya, artikel blog saya bisa masuk di halaman depan SERP, dan masuk 10 bahkan 5 besar, tidak jarang juga menduduki posisi puncak atau nomor satu. Semua itu dicapai berkat ilmu yang didapat dari mengikuti kontes SEO.

Beberapa hari yang lalu saya kembali mengikuti kontes SEO, tetapi tidak lagi menggunakan blog jagoan saya (blogadin.web.id) karena memang untuk sementara sedang tidak aktif sampai waktu yang belum ditentukan, untuk kontes Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan kemaren saya menggunakan blog blogspot ini, hasilnya memang belum memuaskan.

Sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan saya tidak mencapai hasil maksimal pada kontes SEO kemarin, diantaranya adalah :
1. Terlambat mengetahui informasi adanya kontes, saya baru mulai berlaga sekitar 2 minggu sebelum kontes berakhir, waktu yang terlalu singkat untuk melakukan optimasi menurut pengalaman saya pribadi
2. Tidak terbiasa dengan blogspot, pada kontes-kontes SEO sebelumnya saya menggunakan blog berbayar yang menggunakan CMS Wordpress, dimana untuk blog berbayar Wordpress disediakan banyak sekali plugin SEO yang mujarab, diantaranya ada AIOSP atau All In One Seo Pack, dan lain-lain, tapi berbeda dengan blogspot, saya belum terlalu ngerti bagaimana menjadikan blog blogspot lebih powerfull secara SEO, sedikit yang saya utak-atik tapi masih belum maksimal, kesimpulannya saya masih perlu belajar lebih banyak lagi untuk memaksimalkan blog blogspot.
3. Terlalu brutal saat submit Social Bookmark, untuk mengejar ketinggalan dengan kontestan lain, saya mati-matian mengejar jumlah backlink untuk menyundul artikel kontes tersebut, dalam waktu dua minggu saya melakukan submit secara membabi buta, dan ini berdampak buruk, pada beberapa hari pertama artikel saya masih bisa masuk kalau tidak salah sampai halaman 2 SERP dengan kata kunci 'Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan', namun mungkin karena setelah itu saya terlalu banyak melakukan submit sehingga bukannya menaikkan posisi tetapi yang terjadi adalah posisi di SERP makin menurun, bahkan pada saat pengumuman hasil kontes artikel saya tidak terindeks oleh google (saya cek sampai halaman 10 SERP Google). Kesimpulannya adalah melakukan submit secara besar-besaran dalam waktu singkat memang tidak baik, bukannya mendongkrak posisi tapi justru menghancurkan posisi, setidaknya begitulah pengalaman saya secara pribadi

Memang ada keasyikan tersendiri ketika kita(saya) ikut ambil bagian dalam kontes SEO, terutama karena ilmu, pengalaman yang didapat dari sana, selain juga karena sensasi kompetisi yang membuat saya penasaran.

Selanjutnya saat ini memang sedang ada beberapa kontes SEO dengan hadiah yang cukup besar, tidak ingin menyianyiakan kesempatan, saya berencana untuk kembali berlaga dengan lebih hati-hati, dengan harapan kali ini keberuntungan berpihak kepada saya, jadi bagi teman-teman kalau ada yang berkenan bisa memberi dukungan kepada saya, hehehe

Oh iya, saya punya keinginan memiliki blog yang akan saya jadikan atlit untuk berlaga di setiap kontes yang akan datang, tentunya blog yang berbayar dan menggunakan wordpress, hehe

Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Evaluasi Kontes SEO Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan"

Informasi Untuk Kehidupan said...

wah saya komentator pertama nih.:D
pertama, saya tunggu blog-nya,Mas.Barangkali bisa diintip dan minta ilmunya.
kedua,secara pribadi saya sendiri belum pernah ikutan kontes SEO,jadi belum punya pengalaman buat dishare. Sekaligus belum bisa merasakan adreanlin yang tercipta.

Tapi hemat saya, untuk kontes SEO dengan blog berbasic blogspot, memang akan sulit untuk bersaing,Mas. Kecuali (mungkin) PR blognya sudah diatas 3.

tomi said...

saya di kontes seo masih sebagai pemerhati aja mas.. masih banyak kejanggalan dan aturan yg kadang membingungkan

dHaNy said...

wah saya sendiri jarang banget ikut kontes seo mas, cuma sekali aja untuk dapet cap pernah ikut :D
Kontes seo cuma pihak penyelenggara saja yang untuk produknya makin dikenal secara cepat... instan...

Adin Darmawan said...

@ Informasi untuk kehidupan, sekali2 coba ikut mas, ya iseng2 berhadiah aja, tapi tetep diperjuangkan...iya nih, saya musti banyak belajar lagi gimana memaksimalkan blogspot, PR masih tak terhingga nih sepertinya, kalo ga ya nol

@ Tomi, seperti apa mas? biasanya klo kontes yang beneran tu aturannya jelas, nek menurut saya lho

@ Ya emang penyelenggara niatnya gitu mas :D klo saya ya niatnya dapet hadiahnya, setelah kontes selesai ya tinggal dipreteli lagi link sama bannernya, hehehe

Obat herbal HIV AIDS said...

wah mantap nih informasinya, semoga deh kontes SEO nya berhasil ,makasih

xamthone plus said...

wah bgs bngt infonya,mudah-mudahan bermanfaat amin

softersins said...

wah nice info gan,.....!!
semoga lain kali berhasil dah, emang kalo waktu optimasinya sedikit(mepet) kita harus super hati2 gan,..!!kalau terlalu extreem siap2 dah masuk pasir google.
hehe
salam kenal gan.

ada-akbar.com said...

Sebenarnya waktu 2 minggu itu sangat cukup lho ..
kalo ente memberutal. .
Soalnya mempertahankan lebih sulit dari pada mengejar . .apalagi dalam 2 minggu terahir

Galuh Ristyanto said...

1. Meski mulai berlaga sekitar 2 minggu sebelum kontes berakhir, mungkin aja bisa jadi juara mengingat algoritma terbaru Google (Panda) yg membuat posisi SERP sering banget bergonta-ganti.

2. Akupun juga begitu, gak terbiasa dengan blogspot. Cukup ribet.

3. Kontes SEO sebagai sarang terjangkitnya Google Sandbox. Akupun juga pernah gitu mas, artikel yg aku ikutkan kontes SEO gara2 brutal optimasinya langsung tertelan Google Sandbox. Untung cuma seminggu doank.

Galuh Ristyanto said...

1. Meski mulai berlaga sekitar 2 minggu sebelum kontes berakhir, mungkin aja bisa jadi juara mengingat algoritma terbaru Google (Panda) yg membuat posisi SERP sering banget bergonta-ganti.

2. Akupun juga begitu, gak terbiasa dengan blogspot. Cukup ribet.

3. Kontes SEO sebagai sarang terjangkitnya Google Sandbox. Akupun juga pernah gitu mas, artikel yg aku ikutkan kontes SEO gara2 brutal optimasinya langsung tertelan Google Sandbox. Untung cuma seminggu doank.

imranxrhia said...

makasih mas atas infonya, baru tau klo ternyata submit besar-besaran bisa berakiba buruk

obat herbal TBC said...

terima kasih gan buat infonya semoga sukses selalu gan

cosarosta said...

info yang menarik