Jangan Sepelekan Backup Data Blog!

Keadaan atau situasi yang memaksa dan rasa keterpaksaan kadang memang bermanfaat, walaupun manfaatnya baru dirasakan dan disadari setelah beberapa waktu. Terpaksa menerima keadaan yang sulit, lalu kita jadi terpaksa belajar bagaimana mengatasi keadaan sulit tersebut, sehingga akhirnya kita bisa lepas dari keadaan sulit tersebut, plus memiliki pengetahuan mengenai cara menghadapi situasi seperti itu untuk dikemudian hari.

Termasuk dalam dunia blogging. Beberapa bulan lalu blog pertama saya secara mendadak down, lalu hilang entah kemana, termasuk semua konten yang sudah dengan susah payah saya bangun sejak pertama blog tersebut dibuat.


Image source : http://www.amitbhawani.com/blog/best-online-automatic-data-backup-tools/
Bukan hanya sekali pengalaman seperti itu saya alami, pengalaman serupa kembali terjadi pada blog saya berikutnya, pojokseo.web.id yang merupakan hadiah kontes seo putrahosting beberapa bulan lalu, terjadi gangguan mendadak pada server yang menyebabkan sebagian isi blog hilang, sialnya lagi ketika saya coba utak-atik, saya malah melakukan kesalahan dengan meng-uninstall cms wordpress blog saya tadi secara tidak sengaja, alhasil hilang lah semua isinya.

Di sini baru saya menyadari betapa pentingnya melakukan backup data sebelum melakukan utak-atik blog, termasuk sebagai tindakan jaga-jaga apabila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog saya yang lain.

Sebagai tindakan pencegahan, sekaligus pengamalan dari pengalaman yang saya pelajari tadi, saya melakukan backup data blog allgadget.co.cc, full backup data tepatnya, melalui cpanel.

Karena hasil backup yang cukup besar, didukung koneksi internet di rumah yang cukup berbanding lurus antara kemurahan harga dan tingkat kelemotannya, maka file hasil backup tadi masih tersimpan di cpanel dan belum sempat saya download, pikir saya saat itu ialah file tetap aman di sana, dan bila sesuatu terjadi maka tinggal melakukan ekstrak file backup lagi.

Ternyata eh ternyata sodara-sodaraku sekalian, peristiwa naas kembali saya alami, hosting tempat tinggal blog saya itu pindah server, akibatnya selama beberapa saat blog tidak bisa diakses, setelah menunggu beberapa saat dan akhirnya mendapat kabar dari pihak hosting, saya pun merubah letak nameserver domain allgadget.co.cc ke lokasi yang baru.

Masalah tidak berhenti di situ kawan-kawan, ternyata pada saat pindahan server itu, file database tidak terbawa, melainkan hanya file wp content saja yang diangkut, setelah saya hubungi ke pihak hostingnya, mereka bilang mereka tidak memiliki backup datanya, dan saya disarankan untuk upload dari hard disk saja.

Elah dalah, file backup saya kan masih di cpanel!? ya sudah, artinya adalah blog allgadget.co.cc harus saya bangun lagi dari NOL!! wow, fantastis...

Well, hikmah dari pengalaman ini yang bisa kita petik adalah, jangan pernah menyepelekan backup data, lakukan backup data secara rutin, termasuk selamatkan file backup di tempat aman, misal di hard disk, karena bagaimana pun kita tidak akan pernah tau apa yang akan menghadang kita di depan sana sodara-sodaraku sekalian!!

Ya sudah, artikel ini saya tulis sebagai jeda saja, sebelum saya melanjutkan pembahasan mengenai Cara Membuat Submitter Otomatis Dengan iMacros.

Dan mungkin berikutnya saya akan membuat tutorial cara melakukan backup data blog wordpress secara rutin juga, tentu berdasar pengalaman pribadi.


Ok, simak terus update blog ini

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Jangan Sepelekan Backup Data Blog!"

dHaNy said...

Bener mas... Saya juga pernah mengalami hal serupa, tulisan selama 3 bulan hilang begitu saja.. Back up data wajib hukumnya..

Aim said...

Mari, back up data duluuu :)

obat diabetes said...

mantap mas, mari kita coba dulu, makasih :ngacir:

holichaxor said...

Betul..betul saya sangat setuju akan hal itu, saya sendiri juga pernah mengalami hal serupa seperti mas adin utarakan.

aryanto said...

dari dulu pengen backup dan upgarade gak pernah bisa hiks ....malum saya newbie

Adin Darmawan said...

@ Dhany, ternyata ada yang sesanib sama saya :D jadikan pelajaran gan

@ Aim, mari gan...

@ Holichaxor, wah dapet temen yang senasib lagi :D

@ Sama-sama belajar yuk mas, saya juga perlu mempelajari lebih lanjut, ntar kalo dah bisa Insya Allah tak bikin tutorialnya

Optimus Prime said...

optimus prime turut berduka cita gan dgn alm. blog2 agan.....
alhamdulilah, optimus prime ga pernah ngalamin kehilangan blog.....
coz optimus prime rajin bek up blog :D.....

Rina As said...

Kalau blog memakai hosting sendiri sepertinya kita harus rutin tuk mem-back up data..
bice share agan...