Renungan Dari Bang Preman

Begitu lama rasanya enggak ngeblog, mungkin ada hampir se-abad, hehehe, banyak kendala memang belakangan, termasuk keyboard yang error dan memaksa saya untuk ngetik pake fasilitas on screen keyboard bawan si Windows tapi gak pake gembel, ntar bisa jadi Windows gembel -> garing banget.


Well, kemaren juga sempet ke Jakarta, eh, Tangerang ding, cuma 2 hari di sana, nengokin adek, dan pas pulangnya saya lupa kalo ini udah masuk masa liburan, jadilah berjejalan di kereta api, kelas ekonomi lagi, wuh, kebayang deh gimana, tapi untungnya tetep dapet tempat duduk, meskipun harus beli tiket gak resmi, alias dari calo, hehe, jangan ditiru yak, ini terpaksa, soalnya saya sama sodara cewe, jadi kasian kalo suruh berdiri berjam-jam.

Di kereta kemaren waktu balik dari Jakarta ke Jogja, tepatnya ketika udah sampai sekitar Gombong, salah satu tempat duduk di deretan saya kosong, lalu datanglah seorang mas-mas dengan penampilan yang bisa dibilang sangar, lusuh bajunya, pake anting, ada jenggot dan kumis juga, tapi badannya enggak gede sih.

Setelah dia mohon ijin numpang duduk di sebelah sodara saya, muncul pikiran di otak, kalo enggak nyopet, ya mbius, ato ngerampok pake sajam dan sejenisnya nih, saya kasi pesen sama sodara saya yang duduk di tengah di antara kami, saya bilang hati-hati, dia juga saya suruh pindahin hape ke kantong celana yang sebelah (yang deket saya) biar aman.

Gak beberapa lama, tu abang-abang mulai ngajak ngobrol santai, well, ternyata gak sangar juga omongannya, hehe, tapi saya tetep waspada nih, siapa tau cuma buat kamuflase, ya bukannya berprasangka buruk sih. Ngobrol-ngobrol santai kita selama perjalanan, juga diselingi guyonan-guyonan ringan, cukup santai lah, lama-lama jadi pudar dah rasa was-was dan curiga ini.

Di kereta ekonomi banyak banget pedagang, juga pengamen dan anak jalanan (ato anak rel??) yang melakukan pekerjaan sehari-hari mereka dengan kemudian meminta imbalan uang receh dari penumpang. Oleh karena saya memang kehabisan receh jadi saya g bisa ngasih. Saya perhatikan si abang Preman, ketika ada pengamen, ato bocah yang nyapu-nyapu di kereta minta uang atau pedagang yang nawari dagangan, si Abang preman (sebut saja gitu karena saya lupa tanya nama, hehe) dengan senyum dan bahasa yang ramah cuma bilang 'makasih', saya pikir tadinya mau kasi tampang sangar biar pada takut, hehehe

Nah, sekian banyak pedagang dan pengamen lewat tanpa kami beri receh, begitu juga si Abang ini, dia juga g kasi receh, tapi ketika ada ibu-ibu buta, mengemis lewat di samping kita, si Abang segera ngeluarin duit buat kasi ke si ibu tadi, beberapa saat kemudian keadaan masih sama, lalu lintas pedagang asongan dan pengamen rasanya gak pernah berhenti, lalu datang lagi ibu-ibu tua, yang kemudian berlutut di samping kita lalu saya g denger dia ngomong apa ato nembang apa, ato apa lah, yang jelas dia juga minta sumbangan, ngemis mungkin, ato bukan lah namanya, nah si Abang tadi lagi-lagi kasi duit receh, ya gak receh sih, uang kertas yang g usah disebutin nominalnya.

Dari pengamatan saya, si Abang ini ternyata pilih-pilih juga nyumbangnya, kalo untuk pengamen ato pengemis yang masih muda dia gak mau kasi, tapi kalo ibu-ibu tua, dia mau kasi, boleh juga nih orang pikir saya, gak seperti kesan pertama waktu ketemu.

Kemudian kami ngobrol, dalam obrolan itu dia bilang kalo kita harus sedekah, seberapa pun uang yang kita punya, kita harus mengeluarkan sebagian untuk disedekahkan, dan dia juga bilang kalau sedekah itu gak bikin kita jadi miskin, dan uang pun jadi terasa gak cepet habis, malahan kita bakal mendapat balasan berlipat, selain itu meskipun kita sendiri bukan orang kaya, tapi sedekah bikin kita merasa jadi orang yang beruntung, ya, beruntung karena masih bisa bersedekah, bukan jadi orang yang harus disedekahi, begitu kata dia. 

Masih apa yang dia bilang, sedekah itu seperti bisnis dengan Tuhan, modalnya keikhlasan, berapa pun yang kita punya, ikhlaskan sebagian untuk sedekah, lalu modal itu akan dikembalikan berlipat ganda oleh Tuhan, jadi semacam sedekah untuk memutar uang sehingga kembali lagi kepada kita, seperti bisnis pada umumnya, tapi tentu saja dasar niatnya itu bukan mengharap balasan uang yang berlipat dari Tuhan, tapi cukup dengan niat Ikhlas untuk membantu sesama yang kekurangan.

Saya pikir, bener juga kata si Abang preman bertato ini, sebagai gambaran, banyak orang pinter dengan titel sederet, kemana-mana selalu rapi dan wangi, tabungan juga miliaran, tapi yang ada dipikiran hanya bagaimana caranya memutar uang dengan membuka bisnis-bisnis baru, menggunakan uangnya sebagai modal untuk bisnis baru, sedangkan soal sedekah mungkin masih banyak dari yang lupa, bisa juga karena lupa sedekah itu yang bmembuat mereka selalu merasa kekurangan, gak pernah cukup, dan cenderung melakukan apa pun untuk mendapat lebih, entah halal atau haram.

Well, seperti kata si Abang, sedekah meskipun merupakan kegiatan mengeluarkan uang/harta untuk orang atau lembaga yang pastinya tidak secara langsung memberi kita profit atau keuntungan balik, tapi malah lebih bisa mendatangkan ketenangan dan ketentraman, kita pun tidak akan merasa kekurangan, karena Insya Allah segala kesulitan dan kekurangan kita akan dicukupi oleh Tuhan dengan cara-Nya, sebagai reward atas sedekah kita yang didasari niat Ikhlas itu.

Buat bang Preman, makasih renungannya, saya juga jadi mendapat pelajaran untuk tidak menilai orang dari penampilan luarnya saja.

NB: maaf si Abang saya kasi nama Bang Preman, karena saya gak tau nama dan supaya pembaca bisa membayangkan gimana penampilan dia aja, hehe

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Renungan Dari Bang Preman"

miz hl said...

mantab dah mas

obat tradisional maag said...

wah mantap gan infonya,,, terima kasih gan buat infonya

obat alami said...

boleh juga,lanjut

jally gamat said...

pereman bagus ni,,, bisa merenung,
terimakasih buat infonya



:bata:

obat herbal said...

kalaw main lepas pasti menang,masalahnya mental.

obat alami dtabetes melitus said...

mantap ulasannya.
Makasih infonya mantep.

xamthone jakarta said...

mantap gan infonya,,
terima kasih gan buat infonya
langsung aja ke tkp

Batu said...

penampilan kadang bisa menipu...
hmm... cerita yg bagus..
jadi pengen sedekah...

obat luka bakar said...

mantap gan ,,thanx infonya

kanker prostat said...

ambillah ilmu walaupun dari mana asalnya, gitu bukan ?

obat penyakit jantung said...

mantap banget nih artikelnya ,sangat bermanfaat gan salam kenal aja nih