Jogja Diguyur Hujan Pasir Gan (Live Report)

Kamis malam 4 November 2010 saya dan 3 orang teman jalan-jalan, nongkrong sambil wedhangan di seputar wijilan, kabar hujan abu memang sudah tersebar gan, makanya kita udah niat pake masker. Ternyata memang semakin ke utara dari Kotagede abu lumayan pekat.

Singkat cerita selesai wedhangan kita berempat melanjutkan perjalanan keliling jogja, waktu udah menunjukkan pukul 00.30 wib dini hari, perjalanan terhenti di atas jembatan kali code (timur tugu Jogja), udah berkumpul banyak orang di sana yang berusaha mengamati Merapi dari ruang yang cukup terbuka ini, tapi langit mendung, gak ada yang terlihat selain gelap disertai suara gemuruh yang entah itu bunyi gledek dari kejauhan atau suara dari Merapi, mencekam gan.

Gak dapet pemandangan apa-apa dari atas jembatan, kita pun meluncur pulang, di sini hujan pasir mulai terasa, tadinya memang cuma abu, tapi sekarang udah makin gede materialnya, sepanjang perjalanan memang mulai terlihat gelap, bukan karena udah malem, tapi karena abu yang cukup pekat.

Sampai di fly over lempuyangan ternyata di atas udah banyak orang berkumpul, tujuan masih sama, mengamati Merapi dari ruang terbuka, tapi lagi-lagi gak ada pemandangan apa-apa yang di dapet di sini, kita pun lanjut pulang, pemandangan masih sama, gelap, berdebu, pasir juga mulai ngetok-ngetok helm, saya jadi kepikiran suasana di pengungsian sana gan.

Berdasarkan info, ternyata radius bahaya Merapi makin melebar, sudah sampai angka 20-an Km, artinya sudah mendekati Ring Road utara, kebayang gimana kalo wedhus gembelnya sampai ke bawah sini, mengingat erupsi Merapi kali ini memang gila-gilaan gan, katanya lebih parah dari pada yang terjadi tahun 1931 silam.

Beberapa menit perjalanan, akhirnya sampai di rumah, nah, di sini mulai terasa hujan pasir makin deras gan, suara di genteng udah seperti hujan air, seperti gerimis gitu, lumayan keras, tapi kalo dilihat di luar yang turun bukan air, tapi pasir, warnanya abu-abu agak kecoklatan sepertinya.

Hati jadi was-was nih, entah pagi nanti suasana udah seperti apa, saya kasian sama para pengungsi dan warga Sleman sana, dan jadi terbayang film 2012 yang diputer kemaren nih. Semoga ini klimaks dari erupsi Merapi, dan selanjutnya semoga aktivitasnya menurun.

Mohon doa dari agan-agan sekalian...

Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Jogja Diguyur Hujan Pasir Gan (Live Report)"

zee said...

Hari ini Indonesia kembali berduka, termasuk saya... hati ini langsung sedih begitu tahu Merapi ber-erupsi lagi, dan memakan banyak korban. Semoga ini adalah erupsi yang terakhir. Bismillah, dengarkan doa2 kami ya Allah... amin..!

aldy said...

Sampai dengan hari ini masih terjadi lokasi tempat tinggalnya?

Adin Darmawan said...

@ zee, Amiin, jangkauan wedhus gembel sudah makin jauh, pengungsi di pengungsian juga udah pindah ngungsi ke tempat yang lebih jauh lagi, makin serem, semoga ini udah klimaksnya...

@ Aldy, tadi hujan abu sampe jam 10 an siang sepertinya, soalnya setelah itu saya ada di dalem ruangan, jadi g tau gimana di luar, dan hujan juga tadi turun

dedekusn said...

Semoga saja Allah memberikan yang terbaik bagi mereka, Insya Allah ada hikmah dibalik ini.
Hujan debu juga sampai ke daerah saya Cimerak Pangandaran Ciamis- Jawa Barat

Agung Pushandaka said...

Semoga masyarakat Jogja, Magelang, dan daerah sekitar Merapi tetap ikhlas menerima keadaan ini. Doa saya untuk korban Merapi.

tomi said...

mas adin rumahnya kotagede? deket donk :D

kapan2 bs kopdar nih..
buat komunitas blogger jogja mas :D

hari ini meletus lagi mas..

blognews said...

kemaren saya sempet ke posko di kampus mas... wahhh kasihan bangt.. pa lg yg di stadion

Adin said...

@ Tomi, iya, Kotagede, emang mas tomi mana nih? boleh juga kita kopdar, hehehe...komunitas blog jogja sepertinya dah ada ya? eh, ada belum sih? kalo belum ya kita bentuk aja

propolis brazil said...

wah ujan debu ea gan?????/

obat asam urat said...

wah semoga saja meskipun di guyur hujan pasir itu tidak bisa menimbulhan penyakit aminnnn

kambing kurban said...

semoga dha kelar y..

asuransi kesehatan said...

yogya kembali ceria:)

outbound training said...

ujan debu y gan?:(

aqiqah said...

semoga ga terulang y gan

baju anak said...

slam kenal y sob

cetak brosur said...

rakyat jogja bangkit:)

alat test gula darah said...

semoga tidak terjadi lagi y

rumah bsd serpong said...

yogya...kota pelajar:)

baju anak said...

jogja...tetp indah:)

masnur said...

saya yang mengalami di daerah rawan, teringat bagaimana mengevakuasi 3000an pengungsi dari barak kami....

kejadian itu luar biasa...

smg jadi pengingat bagi kita akan kebesaran ALLAH...

bahwa ketika ALLAH menghendaki, dalam hetungan detik semua bisa berubah...

ALLAUAKBAR....