Setelah Ramadhan Lalu?

Ramadhan baru saja berlalu, dosa-dosa baru saja dilebur seiring jabat tangan dan saling memaafkan diantara sesama. Makna Idul FItri adalah mengembalikan manusia ke dalam keadaan yang fitri atau suci seperti seorang bayi yang baru lahir.

Setelah Ramadhan lalu apa?


Tentu saja syawal gan,hehehe... :D

Tapi bukan itu maksud ane gan, maksudnya tuh, setelah Ramadhan selanjutnya bagaimana pertanggung jawaban kita atas kerja keras dan perjuangan selama sebulan kemaren?

Kemaren siang malem kita ibadah, dari yang wajib sampai yang sunnah, bahkan setiap kegiatan kita niatkan ibadah(kegiatan yang baik lho), semua demi Ridho Allah, ama tentu demi lalilatul qadarnya juga kan? hehe...

Nah, setelah semua itu kita jalani dengan ikhlas, lalu setelah ini bagaimana?

Sejatinya Ramadhan itu kan seperti masa pendidikan, ya masa sekolah gitu lah gan, masa dimana kita ditempa sedemikian rupa dengan lapar dan haus, dan segala macamnya, dan ditempa untuk belajar ikhlas, sabar, serta belajar rajin ibadah. Dan jangan mpe kelupaan gan, bahwa setelah masa pendidikan itu kita harus menempuh kehidupan nyata kita gan, di luar Ramadhan, sekarang apakah kita bisa menerapkan semua ilmu yang sudah kita pelajari dan latih selama Ramadhan? harus gan, sia-sia aja siang malem nunggu lailatul qadar kalo di luar itu prestasi kita menurun lagi, kembali menjadi makhluk jahiliyah lagi.

Hmmm, iseng ngecek trend keyword google lewat google.com/insights/search ane nemu beginian gan :




Liat yang nomer 7 ke bawah gan, terutama nomor 7 ama 9...miris gan...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Setelah Ramadhan Lalu?"