Pilih Mana Antara Blogspot dan Wordpress?

Di dunia blogging kita mengenal dua dedengkot ternama, yaitu wordpress dan blogger atau blogspot milik Google, diantara keduanya memiliki keistimewaan dan kekurangan masing-masing, o iya, keduanya juga menyediakan layanan gratisan sehingga memudahkan blogger untuk melakukan aktifitas blogging atau sekedar menyalurkan minat ngeblog walau budget minim ato malah males keluar duit buat ngeblog.


Kalau di minta memilih antara blogger dan wordpress, saya tentu akan bingung, kenapa? mari kita urai keunggulan dan kekurangan masing-masing layanan ini.

Layanan Blog Gratisan

Baik Blogger maupun Wordpress masing-masing juga menyediakan layanan gratisan seperti yang sudah saya sebutkan tadi di atas, tapi jujur untuk blog gratisan, saya lebih suka pake blogger atau blogspot, kenapa? karena blog blogspot gratisan lebih mudah diutak-atik dan lebih fleksibel bila dibandingkan blog Wordpress gratisan yang memiliki keterbatasan penggunaan, walau pun Wordpress memiliki fasilitas plugin yang lengkap, tapi fasilitas tersebut hanya bisa dinikmati oleh blog berbayar saja.

Untuk utak-atik theme juga blogspot gratisan lebih oke, bisa diedit disesuaikan dengan selera anda, ditambahi dan dikurangi kode XML-nya, dan lain sebagainya. Sebaliknya, untuk wordpress kita hanya bisa menikmati setting default themenya, g bisa diutak-atik gan..

Layanan Blog Berbayar

Untuk Blog berbayar, saya suka pakai Wordpress, seperti blog blogadin.web.id saya, kenapa? tentu yang pertama adalah pilihan theme yang buanyak serta menarik, lalu plugin yang lengkap untuk menunjang berbagai keperluan, serta lebih handal SEO-nya(sepertinya sih gitu gan).

Nah inilah yang menyebabkan saya memilih pengungsian di blogspot selama blogadin turun mesin ini.

Semoga artikel ini dapat sedikit membantu teman2 yang baru bingung memilih antara blogger dan wordpress, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing2, semoga anda tidak salah pilih :)

Dan semoga blogadin cepat sembuh....udah tongpes ki...

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Pilih Mana Antara Blogspot dan Wordpress?"

Triagung.com said...

kalau blog berbayar saya pilih wordpress kalau gretong ya blogspot :)

Fanz said...

Saya Wordpress deh bro :)

elmoudy said...

kalo saya masih setia ama yg namanya Wordpress... mau gak mau WP lebih friendly gitu hahhaa.... terasa nyaman di jari dan di mata hihii

aldy said...

Rumah baru lagi mas?
Pilih wordpress atau blogspot, tergantung pada kebutuhan dan prefer yang mana.

Adin Darmawan said...

pengungsian lebih tepatnya mas, blogadin sedang error, tapi napsu ngeblog tetep gede, jadi ya disalurkan di sini, hehehe :D

andre said...

wah keren nih, rusak kenapa mas blognya? kalo saya lebih milih WP sih, tapi yang selfhosting. lebih nyaman aja di ubek2 theme-nya

Hybrid car said...

Kalau saya tetap wordpress. Dukungan plugin-nya itu lho, ruaarr biasaaa..

setujukah anda dengan copy paste? said...

Pilihan yg sulit.. Menurut ane, sma tergantung kebutuhan.. Klw memang hobinya wordpress tapi ingin lebih leluasa berkreasi ya pakai yg self host atau wordpress.org.. Tp menurut ane blogspot jg bagus, jika ingin keliatan profesional tp pengennya pake blogspot bisa merubah nama domain, paling pertahun cuma 90-95rb.. Blogspot jg mudah digunakan, banyak kelebihannya jg bisa byk berkreasi dg template2nya.. Mau blogspot atau wordpress smua tergantung pada keseriusan kita.. Klw wordpress.com, ane kurang menyarankan kurang bisa berkreasi.. Sma trgantung pd kita.. Lebih baik dicoba smua biar puas..

Erdien said...

Nggak tau kenapa ya, saya koq dah jatuh cinta ama WP nih :D

ogameslucky said...

Kalau yg gratisan si sy pilih blogspot kalau dah berbayar ya mendingan pake WP lebih enak diutak atiknya

asop said...

Berbayar di worpdress? Maksudnya wordpress.org untuk blog hosting sendiri, atau beli domain di wordpress.com? :)
Kalo beli domain di wordpress.com seperti saya, hanya berubah domainnya aja, fitur kurang lebih sama ama yg gratisan. Gak bisa masang iklan juga. :)
Tapi domain gak cuman .com, bisa sesuka kita. :D