PNS Jaminan Sukses dan Bahagia???

Pertanyaan yang umum ditanyakan adalah, siapa sih yang tidak ingin jadi PNS? buktinya setiap ada lowongan CPNS dari departemen apa pun, pemintanya pasti selalu membludak, padahal yang dibutuhkan untuk lowongan tersebut mungkin hanya beberapa ratus posisi saja.


Apa sih yang menyebabkan sangat tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menjadi PNS atau Pegawai Negri Sipil? Jawaban yang umum adalah jaminan hidup, gaji lumayan, karir menjanjikan, ada pensiun juga sehingga setelah pensiun nanti kita tidak perlu terlalu pusing memikirkan dari mana biaya hidup dapat kita penuhi.

Alasan ini juga yang menjadikan orang tua saya sampai sekarang masih mengidam-idamkan anaknya yang agak ngeyel ini bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil padahal secara pribadi saya tidak memiliki minat sama sekali, entah kenapa, mungkin juga karena saya lebih senang berpetualang, dalam arti saya sebenarnya punya target yang lebih tinggi dari sekedar menjadi PNS, kenapa saya katakan 'sekedar jadi PNS'? karena saya memiliki target untuk sukses dan memiliki penghasilan jauh lebih tinggi dari pada PNS, serta tidak hanya dapat menerima uang pensiun melainkan setelah pensiun saya ingin tetap memperoleh penghasilan dan juga dapat tetap memberi kehidupan bagi orang banyak, ya, jadi seorang enterpreneur sukses dan kaya, itu lah cita-cita saya :D

Dengan segala fasilitas serta jaminan bagi PNS, apakah PNS merupakan satu-satunya jalan untuk meraih sukses dan memperoleh kebahagiaan hidup?

Bisa jadi itu merupakan salah satu jalan saja, tapi bukan satu-satunya jalan, saya yakin karena Tuhan pun tidak mensyaratkan harus jadi PNS untuk dapat hidup bahagia :D hukum illahi bahwa usaha dan kerja keras manusia yang akan merubah hidupnya masih berlaku dan saya percaya itu. Apa pun jalan yang kita pilih, asalkan kita jalani dengan kesungguhan, keikhlasan, sabar serta kerja keras, Insya Allah akan mendapat hasil yang baik dan luar biasa dari-Nya.

So, masihkah perlu menjadikan PNS sebagai satu-satunya jalan sukses dan hidup bahagia? jangan!! masih banyak jalan yang bisa kita tempuh, apa lagi kalau jalan itu memang sesuai dengan minat kita, pastinya kita akan dapat menikmati segala suka duka dan susah gampangnya itu :)

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "PNS Jaminan Sukses dan Bahagia???"

Agung Pushandaka said...

Saya sih ndak punya idealisme pengen kerja di mana, baik itu di pemerintahan (PNS), swasta, atau malah berwirausaha. Semua akan menjadi baik kalau kita kerjakan dengan niat baik dan tulus. Betul ndak, bro?

Saya suka theme blog ini.. :)

satria yudha said...

wkwkwk...saya bukan PNS :D

anax kolonx said...

pns bukanlah segala2nya,,,sy se7 dgn agan,,,,
ingat 9 dari 10 pintu rejeki itu adalah berdagang.
Dengan kata lain harus jadi pengusaha sukses, bisa membantu banyak orang dengan menyediakan banyak lapangan kerja.

Selvi Herianti said...

saya sudah lulus cpns tahun ini, entah mengapa setelah saya lihat lingkungan kerja dan bertanya kembali kepada diri saya, saya jadi tidak ingin melanjutkannya. Mungkin saya naive, tapi saya merasa saya bisa lebih daripada ini. Saya merasa jika jadi pns, saya tidak akan benar benar bahagia.. ini hanya karena teman dan keluarga menganggap inilah jalan kebahagiaan. saya tidak yakin...