Pages

Wednesday, September 22, 2010

2 Film Hebat Yang Saya Rekomendasikan

Dua (2) Film Hebat Yang Saya Rekomendasikan Untuk Anda Tonton - Rekomendasi saya ini mungkin sudah agak atau bahkan bisa dikatakan sudah terlambat untuk disampaikan, kenapa? karena mungkin anda sudah lebih dahulu menonton dua film hebat yang akan saya sebutkan nanti.



Sebelumnya, mengapa saya katakan dua Film ini hebat? bukan karena aksi yang super dahsyat, bukan karena visual efek yang luar biasa, bukan karena ke-sexy-an para pemerannya, juga bukan karena penghargaan-penghargaan yang pernah mereka raih, lalu kenapa? saya katakan hebat karena dalam dua film ini terdapat pesan moral dan inspirasi yang patut kita terapkan dalam keseharian kita.

Dua Film tersebut adalah: Sang Pencerah, dan Film 3 Idiots.

Mungkin dua Film ini sudah tidak asing lagi bagi anda karena mungkin anda sudah pernah menonton salah satu atau keduanya. Walau pun demikian saya kira tidak ada salahnya kalau dua Film ini saya ulas di sini, karena memang keduanya baru saya tonton belum lama ini.

Film pertama adalah Sang Pencerah. Dalam film yang menceritakan mengenai kisah nyata perjalanan dan perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam mendirikan organisasi Muhammadiyah ini, terdapat banyak sekali hikmah dan pesan positif yang disampaikan.

Perjalanan KH. Ahmad Dahlan dalam berdakwah hingga akhirnya mendirikan organisasi Muhammadiyah tidaklah mudah, sangat banyak rintangan yang dihadapi, kenapa demikian? KH. Ahmad Dahlan bahkan sampai dituduh kafir oleh ulama-ulama di daerah sekitarnya karena mereka menilai cara dan isi dakwah yang disampaikannya itu menyimpang dari ajaran yang sudah mereka kerjakan secara turun temurun dan mengadopsi cara-cara orang asing (Belanda) yang mereka anggap kafir, namun demikian KH. Ahmad Dahlan tetap gigih melanjutkan perjuangannya itu, cita-cita beliau hanya ingin mengembalikan ajaran Islam yang pada waktu itu sudah menyimpang dan terpengaruh oleh budaya kejawen ke dalam ajaran Islam yang murni sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits.

Berbekal dukungan dari Istri, Keluarga dan para murid setianya, KH. Ahmad Dahlan tetap melanjutkan dakwahnya walaupun cemo'ohan terhadap mereka terebut terus saja berdatangan, sampai-sampai langgar miliknya pun dirobohkan oleh massa yang marah pada beliau pada waktu itu.

Singkat cerita, dalam film ini makna yang disampaikan selain menuturkan sejarah berdirinya Muhammadiyah adalah dimana kita harus saling ingat-mengingatkan dalam hal kebaikan, meskipun apa yang kita lakukan itu mungkin akan susah diterima oleh orang lain, namun selama apa yang kita sampaikan itu adalah hal yang baik dan benar, maka Insya Allah Tuhan akan memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita.

Lalu Film kedua adalah 3 Idiots. Film ini memang merupakan film yang sudah agak lama, namun baru sekarang saya memiliki kesempatan untuk dapat menontonnya. Kisah dalam film ini sebenarnya cukup sederhana, namun dibalik kesederhanaannya itu terdapat makna dan pesan moral yang luar biasa.

Film ini mengisahkan 3 orang Mahasiswa dengan karakter yang berbeda yang berusaha merubah sistem pendidikan yang salah kaprah yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun di Universitasnya. Mahasiswa yang belajar di sana selama ini hanya diajarkan dan dituntut untuk mengejar nilai dan bukannya mengejar ilmu. Oleh karenanya mahasiswa diset sedemikian rupa untuk hidup seperti robot, dosen lebih senang bila mereka mampu menghafalkan isi buku dan bukannya memahami, menerapkan dan mengembangkan ilmu yang mereka dapat dari buku.

Dalam film ini juga menceritakan tentang orang tua dari masing-masing mahasiswa ini yang menuntut anaknya untuk menjadi insinyur yang sebenarnya bukan merupakan bidang yang mereka kuasai. Dalam film ini juga disampaikan bahwa kesuksesan itu adalah mendapat nilai bagus saat kuliah maupun sekolah, menjadi nomor satu, lalu bekerja dengan gaji besar di sebuah perusahaan besar, namun terkadang ambisi untuk meraih kesuksesan macam itu kadang melupakan kondisi dan kemampuan si anak, sehingga akhirnya mereka harus merasa tertekan dan susah berkembang demi mengikuti kemauan orang tua dan dosen.

Sindiran-sindiran ini disampaikan dengan gaya yang kocak dan lucu sehingga tetep terasa menghibur namun maknanya jelas. So, kalau anda belum nonton salah satu atau keduanya, buruan nonton gan, Insya Allah anda juga akan merasa terkesan deh :D

Bagi yang udah nonton, bagaimana menurut anda film-film yang saya sebutkan tadi?

12 comments:

  1. 3 Idiots emang keren bro..saya aja ampe 3x nonton xixixi... tapi kalo sang pencerah blum nonton sama sekali

    ReplyDelete
  2. sob..2 2 nya saya blm nonton...belum sempat euy...sibukk truss hehee...

    ReplyDelete
  3. Sang Pencerah, itu yang belum nonton. Kalo 3 idiot, waduh, ajur, ngguyu terus...haha..;Salam kenal mas Adin

    ReplyDelete
  4. OOT mas :D

    solusinya ada di _http://tomipurba.net/fatal-error-allowed-memory-size/

    tinggal buat file php ini kok...

    ReplyDelete
  5. saya 3 idiot dah nonton beberapa hari lalu di sctv mas hehehe.. yg sang pencerah blm e

    ReplyDelete
  6. Menunggu dan menunggu diputar ditelevisi saja, disini susah mencari DVD/CD aslinya, semetara bioskop sudah lama gulung kasur.

    ReplyDelete
  7. Kedua-duanya blom pernah nonton nih :)

    ReplyDelete
  8. Saya pengen nonton sang pencerah tp blm kesampaian

    ReplyDelete

Silahkan Berikan kritik maupun saran untuk blog ini melalui form komentar berikut ini