Pages

Tuesday, October 19, 2010

Yang Perlu Ada Dan Yang Perlu Ditiadakan Pada Blog

Bicara santai-santai lagi soal blog ah. Kali ini saya mengangkat judul Yang Perlu Ada Dan Yang Perlu Ditiadakan Pada Blog. Inspirasinya sih sederhana, karena memang semua blogger pastin ingin blognya nyaman ditongkrongin orang banyak, sehingga pekerjaan kita dalam menulis dan mengisi konten blog itu terasa tambah asik dan terasa lebih terapresiasi.
Nah, bagaimana sih caranya biar orang itu nyaman nongkrong di blog kita? sederhana, mungkin agan juga udah sering denger tentang pernyataan bahwa content is the king alias konten adalah raja, ya memang begitu, orang berkunjung ke blog kita karena mereka butuh membaca artikel kita, atau melihat-lihat foto-foto dan gambar-gambar karya kita, kalau memang blog kita adalah semacam blog galeri gitu, atau mereka datang dengan kebutuhan mendesak akan suatu informasi yang bisa mereka dapatkan di blog kita. Dan sepertinya memang sangat jarang bahkan mungkin tidak ada pengunjung yang datang cuma karena pengen liat-liat desain tampilan blog kita.

Langsung ke inti bahasan saja, setelah mengetahui bagian terpenting dari blog tadi, maka kita akan tau bahwa nilai jual utama dari blog kita adalah konten atau isinya gan, kita juga harus mempelajari kira-kira apa saja sih yang bisa kita maksimalkan dalam pemanfaatannya untuk mempromosikan konten blog kita tersebut.

Ingat, fokus utama kita adalah untuk memanjakan pengunjung dengan konten sebagai titik utama, dan tampilan menempati skala prioritas kedua (setidaknya itu pendapat ane gan).

Jadi, ada beberapa hal yang musti kita perhatikan dan bisa dibilang harus ada atau 'sebaiknya ada' pada blog. Apa saja kah itu?
  1. Sistem navigasi, sistem ini berguna untuk memudahkan pengunjung berkeliling melihat-lihat lapak-lapak konten yang kita sediakan di blog kita. 
  2. Daftar Isi, daftar isi berperan cukup penting lho, jadi semacam yang ada di dalam buku bacaan, pasti ada daftar isinya, supaya visitor bisa dengan mudah dan cepat menemukan artikel yang mereka butuhkan, dan di sini agan juga bisa memamerkan berbagai artikel yang sudah agan buat.
  3. Daftar tulisan terbaru di sidebar, biar mudah pengunjung menikmati konten baru yang fresh yang udah susah-susah agan buat
  4. Daftar tulisan terpopuler, ini juga penting nih, biar pengunjung juga bisa tau apa aja isi blog agan yang paling menarik dan disukai oleh banyak pengunjung blog agan
  5. Kolom pencarian, fitur ini penting karena dapat memudahkan pengunjung menemukan artikel yang mereka butuhkan tanpa harus muter-muter keliling blog dulu
  6. Related Post di bawah artikel juga penting, supaya pengunjung bisa menemukan dengan mudah artikel yang masih ada kesesuaian dengan artikel yang baru saja mereka baca.
Di atas sudah saya sampaikan beberapa hal yang bisa dibilang wajib ada pada suatu blog, karena beberapa hal tadi lah yang lebih dibutuhkan oleh pengunjung blog kita. 

Hati-hati, sering kali blogger terjebak dalam nafsu memperindah tampilan blog atau sekedar ingin menjadikan tampilan blog terlihat dahsyat, canggih, dan full fasilitas, sehingga mereka sering menambahkan berbagai widget yang pada kenyataannya justru memperberat loading blog itu sendiri, nah, kalo loading sudah berat, pastinya pengunjung jadi males melakukan tour de blog di blog kita.

Atau ada juga beberapa blogger penggila dollar yang habis-habisan masang iklan di sana-sini, akibatnya pengunjung jadi kesulitan menikmati konten blog tersebut, inginnya ngeklik artikel yang lain, taunya yang di klik itu iklan, cinta dollar sih boleh-boleh aja gan, tapi jangan terlalu membabibuta juga kali yak :D santai aja coy, tempatkan iklan secara proporsional, sajikan konten yang menarik, bikin pengunjung ketagihan buat dateng lagi, nah, blog jadi rame, duit juga Insya Allah lancar berbaris menuju rekening dan dompet kita gan.

Kesimpulan :
Untuk menjadikan blog lebih visitor friendly kita cukup menambahkan beberapa widget yang sederhana, ringan, dan bermanfaat, seperti yang tadi sudah saya sebutkan, selebihnya kalau agan juga pengen dapet duit dari blog agan, silahkan tempatkan iklan di blog agan, tapi secara proporsional, dengan tidak mengganggu pengunjung untuk menikmati konten blog agan, apa lagi sampai berlebihan di sana-sini ada iklannya, udah loading lama, isinya iklan mulu, konten juga sama aja dengan blog lain, maaf gan kalo ada yang tersinggung.

Udah, begitu aja dulu, semoga bermanfaat :)

O iya, jangan lupa ikutan survey iseng-iseng yang saya buat di sini --> Gan, Ada Yang Bisa Jawab Pertanyaan Ini Gak???

16 comments:

  1. izin :nyimak: adja gan

    tapi :thanx: buat sharenya

    ReplyDelete
  2. kalo yang related post, memakan source database yang besargan.... jadi saya gak pake... kalo yang lain-lain. saya setuju sama agan.

    ReplyDelete
  3. :sundul: gan.. Keren postingannya

    ReplyDelete
  4. sipp...trik and tips sepertinya udah dilaksanakan. tinggal menunggu para visitor buat terus berkunjung and terus kasih makan buat blog ku.hihii...makasi sarannya. salam.. :)

    ReplyDelete
  5. Dari beberapa hal yang anda rekomendasikan ada di blog, sudah saya pasang di blog saya. Semoga cukup membantu pengunjung/pembaca blog saya. :)

    ReplyDelete
  6. apakah keenam unsur diatas dah cukup gan??

    ReplyDelete
  7. dari 6 hal yang seharusnya ada (yang ditulis disini) kayaknya hanya 1 deh yang sudah nongol di blog saya,..yang lainnya..malah bikin berat loading blog, sehingga dirasa tidak perlua (menurut saya pribadi)..Kalo gak percaya silakan langsung ke blog saya dan lihat apakah dari 6 hal tsb ada berapa sih yang ada di blog saya dan berapa kecepatan loadingnya

    ReplyDelete
  8. setuju di masalah iklan mas.. apalagi berbentuk pop up.. biasanya langsung saya close..
    yg pnting jangan berat loadingnya

    ReplyDelete
  9. pengunjung adalah raja.. jadi memang sudah sepantasnya kita memanjakan pengunjung mas dengn melakukan poin2 diatas

    ReplyDelete
  10. bijak sekali lo gan..http://i658.photobucket.com/albums/uu301/blogadin/cewek.gif

    ReplyDelete
  11. Ada beberapa yang belum ada di blog saya. Nanti aja kalo sudah benar2 butuh, akan saya pasang juga;

    ReplyDelete
  12. mutu sebuah bLog tertuju kepada konten-konten yang teLah di bangunnya dan tampiLan diberi sedikit sentuhan agar terLihat Lebih menarik dan teduh, sehingga pengunjung bisa nyaman ketika berLama-Lam di bLog tersebut. tetapi sebaLiknya, kadang pernak-pernik yang tadinya bertujuan untuk memperindah tampiLan justru membuat kekisruhan. yakni, fokus pandang pengunjung justru menjadi terganggau. apaLagi dengan adanya ikLan yang meLayang2 dan harus baca mantra tertentu baru ikLan tersebut bisa Lenyap dari pandangan.

    ReplyDelete
  13. jadi nambah ilmu nih.. cuman anu gan, satu yang menurut saya kurang passs.. itu tuh.. anu ... emot kaskus, agak sedikit menggangu pemandangan..

    ReplyDelete
  14. tengs mas ats info y, sukss sllu

    ReplyDelete

Silahkan Berikan kritik maupun saran untuk blog ini melalui form komentar berikut ini