Review Perbandingan Layanan Internet IM2 Xtra2 Dengan Paket Internet 3

Dalam postingan sebelumnya, yang saya beri judul Menurut Agan Internet di Indonesia Murah Atau Mahal? saya sampaikan bahwa saya sedang membandingkan koneksi internet dari dua provider GSM yang berbeda, yang satu dari Indosat dengan IM2-nya, dan yang satu lagi adalah paket internet 3(Three).

Dan Bagaimana kah hasilnya???


Untuk IM2, seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, saya menggunakan paket Xtra2 dengan quota 500MB, biaya bulanan Rp.150.000, dan kecepatan setelah quota habis adalah di bawah 64kbps.

Sedangkan untuk paket internet 3(Three) yang saya gunakan adalah paket dengan quota 500MB juga, biaya bulanan Rp. 27.500 (Rp. 25.000 + ppn 10%), dan kecepatan setelah quota habis adalah di bawah 64kbps.

Sampai di sini bisa anda bandingkan antara dua provider di atas, perbedaan yang terlihat adalah dari segi biaya bulanan, 3(Three) jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan IM2, dengan paket quota yang sama, dan kecepatan setelah quota habis yang juga sama.

Kembali ke dunia nyata, berdasarkan uji lapangan yang saya gunakan, alias pada praktek penggunaannya, dari segi kecepatan riil akses internet dari kedua provider tersebut sebelum quota habis memang bisa dikatakan IM2 yang lebih menguasai, tapi setelah quota habis maka akan sangat terasa penurunan kecepatan akses internet melalui IM2, berbeda dengan 3(Three), meskipun saat quota masih utuh kecepatan akses internet 3(Three) sedikit di bawah IM2, namun ketika quota habis maka penurunan kecepatan aksesnya tidak terlalu terasa, atau katakan saja kecepatan aksesnya stabil, meskipun sedikit lebih lambat dari pada IM2, dan malahan ketika sama-sama dalam kondisi quota habis maka kecepatan 3(Three) malah masih mengungguli IM2, saya sendiri bingung kenapa bisa begitu.

Kelebihan lain 3(Three) dibanding dengan IM2 Xtra2 antara lain :
  1. Download, jarang sekali saya melakukan download file berukuran besar (>10Mb) dari rumah, tapi ketika melakukan download menggunakan 3(Three), meskipun lambat, tetapi file yang berukuran 24 Mb dapat didownload secara utuh, ya memang lama sih, tapi yang penting downloadnya sukses.
  2. Sistem Reminder, IM2 akan memberikan peringatan atau reminder, dan reminder IM2 ini bisa dibilang sangat mengganggu karena muncul ketika saya sedang melakukan download atau browsing, halaman secara otomatis akan di redirect ke halaman reminder, dan saya baru bisa melanjutkan browsing setelah terlebih dahulu memutuskan koneksi internet melalui software modem saya, atau malah kadang harus mencopot modem juga, bahkan yang lebih parah saya harus restart komputer baru kegiatan online dapat dilanjutkan kembali. Tapi kejadian seperti ini belum saya temui ketika menggunakan paket internet 3(Three), satu-satunya peringatan bahwa quota sudah habis adalah melalui sms, yang bisa saya baca melalui modem GSM yang saya gunakan, tidak mengganggu kegiatan online dan yang terpenting tidak perlu memutuskan koneksi, apalagi sampai restart komputer.
  3. Video Streaming, Kekurangan paket internet IM2 Xtra2 adalah tidak bisa digunakan uintuk streaming video dari youtube, entah kenapa, mungkin karena fasilitas ini sengaja ditiadakan mengingat quota yang rendah (500Mb), tapi dengan 3(Three) saya tetap bisa menikmati sajian video dari youtube, dan sekali lagi, meskipun loading agak lama, tetapi masih bisa nonton video.

Untuk sementara baru beberapa hal tadi yang saya amati untuk membandingkan akses internet antara menggunakan IM2 maupun 3(Three). 

Banyak yang menyarankan untuk pindah ke layanan CDMA, tapi sampai sekarang saya belum berminat pindah ke CDMA, bukan karena kualitas aksesnya, malahan bisa dibilang akses internet CDMA lebih bagus dari pada GSM, dan juga lebih murah, tapi alasan saya adalah karena saya belum punya modem CDMA, hehehe, kalo punya sih gak masalah.

Screenshot
Screenshot kecepatan akses internet 3(Three)

Maaf gan, skrinsyutnya datengnya telat, hehehe, dan juga ini skrinsyut dari pengukur kecepatan di modem saya, skrinsyut diambil saat koneksi menggunakan 3(Three), untuk skrinsyut IM2 belum bisa ane ambil gan, masalahnya IM2 saya belum diisi ulang, jadi g bisa dipake onlen.

Sinyal 3(Three) cuma dapet Edge, tidak seperti IM2 yang full sinyal HSDPA-nya, untuk kecepatan liat di gambar di atas aja, untuk IM2 segera saya susulkan kalo dah isi ulang, hehe, Rp 150.000, mahal gan :D

O iya, lokasi tempat saya ngetes kedua provider ini tu dari rumah, di Kotagede, Jogja, kalo dari BTS Indosat terdekat kira-kira rumah saya cuma berjarak paling jauh 200 meter, masih deket tuh, malahan mungkin sebenernya g sampe 200 meter jaraknya, dan kalo ke BTS 3(Three) saya gak tau gan, gak tau dimana BTS-nya, hehe.

Satu lagi, Skrinsyut di atas adalah ketika kondisi quota 3(Three) habis.

Semoga bermanfaat....

Jangan lupa iseng-iseng ikut sensus blog di sini

Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Review Perbandingan Layanan Internet IM2 Xtra2 Dengan Paket Internet 3"

Ferdinand said...

Klo urusan IM2 sama 3 karna pernah make 22'y jadi aku milih 3 Sob.... soalnya IM2 klo wilayahnya udah parah udah gak bisa diapa2in haha...biarpun sekarang udah gak make 22'y Sih wkwk...

intinya aku milih 3 lah haha...

happy blogging sob.. slam knal sebelumnya...

ysalma said...

saya juga pengguna im2 yang lagi berimigran ke 3 :D,, pengalamn yang disebut diatas pernah dialami semua juga :P

secangkir teh dan sekerat roti said...

sek kalo bisa ditampilkan saja bandwithd dari masing2... :)

Zainur Rochim said...

Kalo ane belum pernah dua-duanya, karena emang ga punya modem gsm he3x..karena ane pake modem cdma, lumayanlah buat ngeblog dan blogwalking..

lagian ditempat ane, gsm-nya ga terlalu kuat sinyalnya klo pake modem....

Darin said...

ooh begitu ya, tu apa karena pengaruh kebiasaan lambat di three jadi pas quota-nya habis jadi ngga berasa? :D

kalau saya masih pake speedy, kalau bisa direview skalian ya mas :D

Anonymous said...

kebetulan saya pakai akses internet CDMA jadi belum pernah pakai ke 2 nya... terimakasih buat infonya :thanx:

Joko said...

Terima kasih reviewnya, Mas Adin. Sama seperti komentar dari Secangkir Teh dan Sekerat Roti, karena ini membandingkan kecepatan dua koneksi internet akan lebih baik dan fair kalau diberikan data kecepatan spesifiknya berapa kbps, lokasi saat testnya ada dimana, terus kondisi sinyal masing-masing operator gimana saat ditest. Syukur-syukur jika disertakan bukti capture speednya juga. Ini penting karena Anda sudah menyebut nama brand di artikel ini. Hati-hati, Mas pemilik merknya bisa protes, lho diperbandingkan begini kalau data pendukungnya tak ada.

Saya kebetulan belum pernah pakai IM2 jadi tak bisa komentar. Kalau 3 sudah pernah coba tapi sayang di rumah saya sinyalnya jelek jadi nggak saya pakai lagi. Sampai sekarang, bukan promosi, saya pakai Telkomsel Flash unlimited Paket Basic kuota 1GB/bulan, kecepatan 1000 kbps. Biaya berlangganannya Rp 125 ribu/bulan (exclude PPN 10%). Waktu mendownload bitmeter komputer saya sempat pernah mencatat speed 1,3 mbps. Tapi kalau untuk browsing kecepatannya lumayan di kisaran 500 s/d 750 kbps.

Maaf, Mas kalau komennya kepanjangan.

Tukang Nge-gosip said...

wah kalo udah nge-gosip soal internet, kayaknya seru banet yak...
tapi sayangnya, tukang gosip make internet yg cdma...jadi ndak bisa ikutan nge-gosip dunks, hiks
:bingung:

Tukang Gosip said...

bikinin review yang cdma juga dwonk..

Adin Darmawan said...

@ Ferdinand, Padahal katanya sinyal kuat Indosat ya gan, hehehe

@ ysalma, wah, ada yang punya pengalaman sama nih, ntar bisa deh ikut bersaksi sama saya, hehe

@ secangkir kopi dan sekerat roti, iya, itu skrinsyutnya saya susulin, tapi baru 3(Three) doang soalnya IM2 saya belum diisi ulang, hehe

@ Zainur Rochim, pengen juga sih nyobain pake CDMA, tapi belum punya duit buat beli modem lagi nih

@ Darin, hehe, tapi stabil lho mas, ya walaupun stabil agak lemot, hehe, tapi masih diatas M2 kecepatannya sih, klo dibandingin ama M2 yang keabisan kuota
Kalo review speedy belum bisa nih, kan saya belum pasang n nyobain mas, hehe

@ Brotoadmojo, sharing soal DCDMA dong gan, tukar info gitu, hehe

@ Joko, terima kasih sudah mengingatkan mas, hehe, itu skin syut udah nongol, tapi baru satu sih, ntar yang M2 tak susulin kalo dah isi ulang, dan infoya udah saya tambah dikit mengenai sinyal dan lokasi tuh

@ Tukang Nge-gosip, nyimak aja kalo gitu gan, nyimak gosip, hehehe

@ Tukang Gosip, review CDMA segera, menunggu sponsor yang beliin saya modem dulu, jadi saya bisa nyobain, hehehe


@ All, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :thanx:

azmaniacs said...

Nais inpo nih,,, buat reperensi saya untuk "teliti sebelum membeli"...

thanks ... :thanx: :sundul: :cendol:

Nissa Dwi said...

saya ilfiilll ama kedua nya . :bata: . sama2 lemotnya. hikx....now i use telkomsel . heheheh

Sugeng said...

Aku dari pertama bia ngenet dari rumah juga memakai layanan dari indosat tapi bukan yang di review. Aku memakai yang layanan CDMA, speed .... meski gak sekenceng GSM yang bisa sampai Mbps tapi stabilnya itu yang membuatku enggan pindah ke lain hati. Kebetulan dulu beli modemnya juga yang CDMA. Masalah quota bagiku gak masalah karena memang benar2 unlimited. Sedot sana hisap sini gak masalah. Pernah dalam satu bulan aku menghabiskan bandwith internet sampai 7.5 Gb, bayarnya tetap 45rb sudah termasuk PPn.
Tapi aku gak nyaranin memakai layanan ini karena kalau lokasi rumahnya gak ada sinyal yang di terima sama dengan bohong. Intinya, sebelum memakai layanan dari provider internet cek dulu lokasi rumah anda dan sinyal apa yang diterima bagus, setelah itu baru itung2 an layanan itu akan kita gunakan untuk apa. Kalau untuk sekedar ngeblog, pesbuk, twiter dan cek email speed yang 153Kbps sudah lebih dari cukup kecuali kalau kita akan mengunakan layanan internet itu untuk nonton live streaming video atau siaran langsung dari TKP.
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Iseng Ngeblog said...

Wah postingannya mirip gan, saya juga bandingin ke 2 provider ini, dan buat saya tetep milih 3. Kalau urusan kualitas sinyal ditempat saya sama aja si. Kalau kecepatan & harga jelas menang 3 kemana-mana. walau dah lewat kuota 3 masih sanggup mentok 64kbps bahkan lebih kalau M2 jangan tanya deh, lewat 500Mb speed masih bisa 64Kbps lewat 600MB siap2 pasrah, rata2 speed yang saya dapet cuma 20kbps (bisa apa coba) belum lagi harganya yg 150ribu perbulan.

Walau gitu 3 emang punya kelemahan salah satunya di IP yang dipake rame2 dan sering dianggap IP spam, bahkan ga aman kalau buat pake paypal, jadi solusinya buat paypal saya pake provider lain kaya indosat (mentari) atau telkomsel karena akses paypal ga mungkin sampe 1 jam.

Erdien said...

Sya juga dah nyoba pake 3, emang lumayan keren! Malah mulai minggu depan saya mo hijrah permanen ke 3, sebelumnya pake MOBI :ngacir:

Om Adi | Satu BLog said...

Three emang manteb gan.
Tapi kalau udah kenan densus pengin :bata: aja rasanya

Anonymous said...

Kalau Internet dengan Indosat memang nggak jelas, dari mulai IM2, Matrix, Mentari, semuanya nggak jelas sbb:
- Tarip super mahal
- Speed oke bisa dapat 300 kB tapi banyak reminder dan sering hang.
- Billing system ngaco, Suka otomatis motong pulsa sampai ratusan ribu, tapi akhirnya di balikin juga

Alat Copy memory said...

benar gan ,saya pake IM2 sangat mengecewakan sekali, padahal saya menggunakan paket 2G, dan biaya bulanan 100rb, masih mending pake Three(3), kecewa saya sama IM2,,dasar penipu ........

desain web manado said...

Kalau ditempat saya kedua-duanya ngga ada yang bagus mas

hermawan said...

ane pake three om.. soalnya di tempat ane cuma dapet EDGE ..jadi ya mending yang murah aja..toh masih maknyus kok three kadang udah habis quota tapi download masih bisa up to 30kB ps

Rina As said...

Dilokasi saya baik layanan dari IM2 maupun three tidak ada yang memuaskan. aksesnya sama2 lemot... akhirnya saya pakai speedy..
nice post